W’q Mawon Lolos Pendanaan PMW 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mengembangkan berbagai kebijakan dan program untuk mendukung terciptanya lulusan perguruan tinggi yang lebih siap bekerja dan menciptakan lapangan pekerjaan. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) turut serta mendukung penyiapan sumber daya manusia unggul dalam bidang kewirausahaan. PMW memfasilitasi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk memulai berwirausaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga yang sedang dipelajarinya.
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Bidang Kemahasiswaan berupaya mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa yang sukses dalam menjalankan wirausaha. PMW merupakan program perguruan tinggi yang memfasilitasi mahasiswa aktif UNY yang memiliki minat dan bakat wirausaha untuk mengembangkan usaha berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olahraga sesuai disiplin ilmu yang sedang dipelajari. Fasilitas yang diberikan meliputi pendidikan dan pelatihan wirausaha, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan, dan pendampingan usaha. Pembinaan PMW UNY bekerjasama dengan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai mentor bisnis.
Kelompok PMW yang berhasil lolos pendanaan PMW 2022 ini terdiri dari Asma’ Khoirunnisa’ dari prodi Statistika, Laily Nurul Khasanah (PGSD), Yunita Wijayanti (Pendidikan Akuntansi), dan Akmal Hibban Habibie (Pendidikan Matematika) dengan pembimbing Heru Sukoco, S.Si., M.Pd. Judul PMW yaitu “W'q MAWON: Kultur Jawa—Magelang Berbasis Muted Color Vector Art dalam New Normal Starter Pack”. .
Proses seleksi diawali dengan mengirimkan proposal bisnis melalui website kwu kewirausahaan UNY http://kwu.kemahasiswaan.uny.ac.id/ untuk dilakukan seleksi internal. Selanjutnya setelah dinyatakan lolos tahap I, kemudian terdapat tahap seleksi wawancara yang menjadi penentu kelolosan pendanaan tim. (asma/witono)