UNY Menjalin Kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) khususnya program Magister Pendidikan Matematika menjalin kerjasama dengan dengan Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Terbuka (UT) tentang Pelaksanaan Pendidikan. Pertemuan dilaksanakan 21/9/23 di FMIPA UNY.

Wakil Dekan bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, Prof. Dadan Rosana, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, pola pengelolaan untuk program magister dan doktor di UNY sudah mengalami perubahan. Kalau dulu dibawah naungan Program Pascasarjana UNY, pada tahun 2022 berubah yaitu untuk prodi-prodi magister yang sifatnya monodisiplin pengelolaannya pindah ke fakultas, termasuk untuk yang S3 Pendidikan Matematika, S3 Pendidikan Kimia, dan S3 Pendidikan IPA. Sedangkan untuk Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika sedang dalam tahab perintisan untuk mengembangkan program doktoralnya.

“Kerjasama dengan UT bukan hal baru dan memang sudah lama bekerjasama seperti pembuatan modul. Kita sudah lama bersaudara, berkembang bersama, bahkan menjadi PTN-BH juga bersamaan. Sekarang kolaborasi menjadi hal yang niscaya dan penting sehingga kami menyambut kolaborasi dengan berbagai pihak. Dengan kolaborasi akan saling  menguatkan. Kedepan kerjasama ini akan semakin kuat, sinergis dan konstruktif  untuk bias meningkatkan kualitas kedua perguruan tinggi”, lanjutnya.

Sementara itu,  Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. sebagai Wadek Bidang Keuangan dan Umum pada FKIP-UT mengungkapkan bahwa maksud kedatangannya bersama rombongan adalah untuk belajar ke prodi-prodi yang akreditasinya sudah A atau Unggul.  Kami ingin mengikuti jejak prodi-prodi magister pendidikan di FMIPA UNY. Tidak lama lagi prodi Magister Pendidikan Matematika kami akan menghadapi reakreditasi
“Kami juga ingin belajar kurikulum, pembelajaran,  dan pengelolaan prodinya. Kami juga tertarik dengan pengembangan karakter, bagaimana prodi mengembangkan kurikulum yang dapat  mengembangkan karakter mahasiswa”,  katanya. (witono)