Udin, Pemain Tenis Meja FMIPA Yang Polos dan Lucu

Tim Tenis Meja Putra dan Bulu Tangkis Putri FMIPA UNY berhasil menjadi juara 1 pada lomba yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-58 UNY yang digelar pada Jumat, 13/5/22 di Hall Rektorat UNY. Pada laga final tim FMIPA berhasil mengalahkan tim kuat dari FIK UNY dengan skor 4-0. Hal tersebut karena pada laga final 4 pasangan dari kedua tim langsung bermain secara bersamaan dan semuanya dimenangkan oleh tim FMIPA. Sebelum final tim FMIPA juga menjadi juara Grup A yang terdiri dari tim dari FIP, Pascasarjana, FT, dan FBS. Disemifinal berhasil mengalahkan FE dengan skor 3-1.
Dari tim FMIPA ada seorang pemain yang menarik perhatian dari para peserta pemain lain yaitu Samsudin atau yang dikenal dengan Udin. Pemain yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga pembersih dibagian UKBMN ini dikenal sebagai orang yang polos rajin bekerja. Disaat istirahat siang Udin berusaha selalu menyempatkan diri untuk berolahraga yang disenanginya yaitu tenis meja.
Dari tampangnyanya kelihatan kecil, culun namun cuek dan tidak nampak seperti seorang yang gemar berolahraga inilah para lawan main seperti terkejut ketika berhadapan dengannya. Bermain tanpa pola dengan pukulan-pukulan yang aneh membuat lawan tidak sanggup untuk menghadapinya. Hal ini karena Udin tidak pernah belajar tenis meja. Ia hanya berusaha untuk mengembalikan bola sebisanya dengan pola pukulan yang “tidak lumrah” dalam dunia pertenismejaan”. Tapi ternyata hal inilah yang membuat lawan sulit untuk mengantisipasi pukulannya. Berpasangan dengan Bejo Suprihatin yang juga pembersih ternyata Udin cs diluar dugaan mampu menjadi juara 1.
“Mboh sopo musuhe sik penting main (Entah siapapun musuhnya yang penting main)”, tekadnya menjelang pertandingan. Dan ternyata dari sikap cueknya itu membawa berkah baginya. Tidak peduli tendik, dosen, ataupun master tenis meja berhasil dikalahkan dengan gaya mainnya itu. Dari setiap pertandingan yang dimainkannya selalu menjadi perhatian pemain lain maupun penonton karena gaya mainnya, ditambah orangnya yang sering bertingkah lucu.
Tim FMIPA beranggotakan Pranjoto, Eko Marsono, Erfan P,Hermansyah, Samsudin, Bejo S,Usman, Ali M, Nasrullah, dan Mustofa.
Sementara itu untuk cabang Bulutangkis Putri yang diselenggarakan beberapa hari sebelumnnya, FMIPA juga Berjaya setelah pasangan Kuswari dan Cahyorini berhasil menjadi kampiun. Pasangan ini sudah beberapa kali menjadi juara diperlombaan dalam rangka Dies Natalis UNY. (witono)