Tim UNY Meraih Silver Medal IRIISE 2018 di University Of Malaya, Malaysia

Tim UNY yang di ketuai oleh Hanafiah Ali (Ilmu Komunikasi/FIS) dan beranggotakan Ghani Arrasid, Fajar Meirani, Mutiara Annisa Widodo dan Assaiq Yudhy Avanda (Pendidikan Matematika/FMIPA) berhasil meraih Silver Medal dalam ajang International Research Innovation, Invention & Solution Exposition (IRIISE 2018)  yang diselenggarakan di University of Malaya pada tanggal 14-16/8/18. IRIISE 2018 merupakan kompetisi penelitian tingkat internasional yang diselenggarakan oleh University of Malaya. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan lahirnya inovasi inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang.
Hanafiah Ali menjelaskan, IRIISE 2018 ini merupakan tempat yang tepat untuk menunjukan inovasi inovasi hasil karya mahasiswa karena dalam ajang ini mahasiswa bersaing dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai negara dan dari perguruan tinggi ternama. IRIISE 2018 terbagi menjadi 5 kategori yaitu Arts & Humanities, Engineering & Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences, dan Social Sciences & Management.
Ghani Arrasid menerangkan, tim dari UNY mengikutsertakan produk inovasi kategori Life Sciences & Medicine. “Kami mengusung project pemanfaatan Daun Bandotan (Ageratum Conyzoides) sebagai anti septik untuk mengobati luka dan gigitan serangga. Ide ini diperoleh setelah melihat banyaknya daun bandotan yang banyak tumbuh di kebun kebun atau halaman rumah dan seringkali dibuang begitu saja karena dianggap sebagai gulma. Setelah dilakukan penelitian, didalam daun bandotan terdapat senyawa flavonoid yang ampuh digunakan sebagai antispetik.” (witono)