SMP 2 Bambanglipuro Menimba Ilmu di Lab FMIPA UNY

Sebanyak 60 siswa SMP Negeri 2 Bambanglipuro Bantul Yogyakarta mengunjungi laboratorium FMIPA UNY, Rabu 20/11/13. Di laboratorium para siswa dipandu oleh Koordinator Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Surachman, MS, serta humas FMIPA, Witono Nugroho dan Ibnu Aji.
Di laboratorium our door, para siswa diajak berjalan-jalan di hutan percobaan sambil mengenal berbagai jenis tanaman yang ada dihutan tersebut. Di rumah kaca para siswa melihat berbagai tanaman yang sedang dalam proses penelitian oleh mahasiswa. Setelah itu para siswa mengunjungi unit pengelolaan kompos. Ditempat tersebut para siswa memperhatikan bagaimana cara mengelola kompos dari proses pengumpulan sampah sampai pada kompos yang sudah jadi baik dalam bentuk padat maupun cair.
Di unit pengelolaan hewan, para siswa melihat dan memperhatikan proses penelitian tikus putih, yang saat itu memang ada mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di tempat itu.
Di lab terpadu, para siswa diajak berkeliling melihat sarana dan peralatan praktikum yang ada di FMIPA, yaitu lab Pendidikan Biologi, lab Pendidikan Kimia,lLab Pendidikan Fisika, dan lab Pendidikan Matematika.
Disela-sela  kunjungan, Wakil Kepala Sekolah, Projo Sukardi, M.Pd., mengatakan, kunjungan ke lab FMIPA ini untuk menimba ilmu dan menambah wawasan siswa.  Kunjungan ini juga merupakan program out door bagi siswa. Semoga para siswa memperoleh sesuatu dari FMIPA yang tidak didapatkan disekolah.
Sementara itu, Surachman mengatakan, alam seperti laut, gunung, halaman sekolah, bahkan sampah merupakan lab biologi. Bahkan sampahpun bisa dijadikan bahan kajian. FMIPA siap membantu jika ada sekolah yang ingin belajar bagaimana mengelola sampah. (witono)