Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA

Breadcrumb

  • Home
  • Penggunaan Teknologi Ponsel Untuk Pembelajaran Yang Efektif

Penggunaan Teknologi Ponsel Untuk Pembelajaran Yang Efektif

By witono | 7:29 PM WIB, Mon November 22, 2021

Orang dan teknologi saling berhubungan erat. Ketika saya ke Indonesia melihat halte bus di sana, kita  bisa melihat banyak hubungan antara manusia dan Teknologi.  Begitu juga  dengan ponsel. Di Australia dan Indonesia pengguna internet sangat besar. Banyak orang mengakses informasi, mengakses facebook, youtube dll. Hal ini memberikan ide tentang teknologi yang menjadi gagasan dan komponen dari kerangka kerja Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)
Demikian disampaikan Prof. Michael Philips, Associate Professor of Digital Transformation Monash University Australia pada acara The 5th International Seminar of Innovation in Mathematics and Mathematics Education (5th ISIMMED),  The 7th International Seminar on Science Education (7th ISSE)
Universitas Negeri Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY pada Jumat-Sabtu, 19-20/11/21 secara daring. Pembicara lain pada seminar tersebut yaitu Prof. Dr. Niwat Srisawasdi dari Khon Kaen University Thailand, Prof. Dr. Sugiman dari UNY, Prof. Dr. Anna Permanasari dari UPI Bandung.
Lebih lanjut dikatakan, kesamaan tidak hanya berakhir disana antara Australia dan Indonesia ketika kita mulai benar-benar melihat, misalnya, apa yang dilakukan orang diponsel cerdas mereka, 89 persen pengguna internet seluler mengakses internet dari ponsel cerdas mereka di Indonesia. Itu bahkan lebih tinggi, hampir 90,87% orang mengakses internet melalui smartphone mereka.
Ketika kita berpikir tentang apa yang mereka lakukan, saya ingin orang-orang benar-benar mulai berpikir untuk menggunakan Facebook  untuk memulai pengguna aktif bulanan. Platform yang satu ini tidak pernah berhenti membuat saya takjub, setiap 60 detik lebih dari setengah juta komentar diposting. Jadi berapa banyak informasi yang masuk. Begitu juga dengan youtube yang setiap menit 300 jam video diunggah.  
“Dalam hal teknologi, pelajar Indonesia adalah salah satu pengguna teknologi tertinggi di dunia dan itu membuat banyak orang berbicara tentang gagasan penggunaan teknologi yang canggih ketika kita mulai memikirkan tentang menggunakan Teknologi dengan benar-benar efektif”, tambahnya. 
Sementara itu Prof. Niwat Srisawasdi dalam paparannya menjelaskan, kesulitan belajar adalah tentang abstraksi komunitas ilmiah. Selain itu juga kompleksnya konsep IPA menjadi kendala. Selama bertahun-tahun yang lalu, ketika mengajar tentang abstraksi,  sebagian besar guru di Thailand ingin menjelaskan kompleksitas fenomena tanda bagi siswa dan mereka memilih untuk menggunakan Hands-On laboratory untuk mengatasi kompleksitas itu. Namun, cara mereka belajar, akan menjadi pasif. 
“Untuk mengubah kelas, kita berpikir bagaimana bisa memilih teknologi untuk mendukung kualitas ilmu pengetahuan. Anda mungkin berpikir tentang teknologi visualisasi yang dapat menyederhanakan abstraksi, atau kita mungkin berpikir tentang teknologi yang dapat dipakai untuk mendukung Anda belajar dengan tenang dan bermakna”, tegasnya. (witono)
 

Berita Lain

Post date: Fri, 11/07/2025 - 13:09
Strengthening International Networks, FMIPA UNY Signs MoU with SEAMEO QITEP in Mathematics
Post date: Fri, 11/07/2025 - 13:05
Synergy between Education and Technology: FMIPA UNY and Casio Sign Cooperation Agreement
Post date: Thu, 11/06/2025 - 10:41
Benchmarking Penjaminan Mutu: Kampus 5 Unesa Magetan Kunjungi FMIPA UNY Dukung Peluasan Kampus Baru
Post date: Wed, 11/05/2025 - 13:38
Sidang Promosi Doktor ke-3 Pendidikan IPA FMIPA UNY: Fajar Fitri Raih Gelar Doktor dengan Penelitian Inovatif Model Pembelajaran Terintegrasi Budaya Batik Fisika
Post date: Tue, 11/04/2025 - 14:39
Gelar Karya PPK Ormawa HIMATIKA FMIPA UNY: Wujud Nyata Inovasi Mahasiswa dalam Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Playen
Post date: Mon, 11/03/2025 - 13:58
Pelatihan Pembelajaran Deep Learning dengan Model UARE Excellent bagi Guru Biologi SMA di Kabupaten Sleman
Post date: Mon, 11/03/2025 - 13:53
Pengembangan Model Pembelajaran “UARE Excellent” dalam Pembelajaran Biologi
Post date: Thu, 10/23/2025 - 14:10
Kunjungan FKIP Universitas Jember ke FMIPA UNY: Perkuat Benchmarking dan Kolaborasi Kurikulum Pendidikan Matematika
Post date: Tue, 10/21/2025 - 13:22
Serbuk Topikal Pegagan untuk Luka Diabetes
Post date: Tue, 10/21/2025 - 08:21
Pelatihan Budidaya Lele dengan Sistem Bioflok Terintegrasi Hidroponik Berbasis IoT

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY