Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA

Breadcrumb

  • Home
  • MATEMATIKA MASIH DIPANDANG SEBAGAI ILMU BERHITUNG

MATEMATIKA MASIH DIPANDANG SEBAGAI ILMU BERHITUNG

By witono | 12:57 PM WIB, Mon November 07, 2016
Kendala yang dihadapi dalam belajar matematika adalah masyarakat, guru, mahasiswa sebagian masih memandang sebagai ilmu berhitung.   Bagi sebagian besar murid memandang matematika hanya sebagai subyek untuk mempersiapkan diri masuk jenjang universitas. Hal tersebut disampaikan oleh  Prof. Drs. Subanar, Ph.D., Direktur Seameo Qitep in Mathematics, pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, (5/11).
Lebih lanjut dikatakan, apakah matematika itu, orang sudah berusaha menjawabnya ribuan tahun yang lampau. Secara etimologis, istilah “matematika” berarti máthẽma yang berarti belajar atau ilmu. Pada perkembangannya periode sekitar 500 tahun SM, matematika dipahami sebagai ilmu mengenai bilangan-bilangan dan menghitung dengan bilangan-bilangan. Perkembangan lainnya, para ahli matematika di China, India, Arab mengembangkan aritmetika dan geomatri secara independen dan dipengaruhi budaya setempat (konfusianisme, hindunisme, islam). Perkembangan besar matematika yaitu ketika Isaac Newton (1643-1727) dan G.W.  Leibnitz (1646-1716) secara independen mulai mengembangkan kalkulus. Pada dasarnya kalkulus adalah matematika mengenai pergerakan dan perubahan.
Diterangkan, bila matematika sebelumnya lebih banyak berkaitan dengan masalah-masalah yang bersifat statis, maka dengan kalkulus para matematikawan dapat mempelajari hal-hal yang bersifat dinamis, seperti pergerakan, planet, gaya tarik bumi, penerbangan di angkasa, aliran zat cair, penyebaran penyakit, fluktuasi harga dll. Maka Matematika kemudian dikenal sebagai ilmu mengenai bilangan, bangun, pergerakan, perubahan, dan ruang.
“Para matematikawan tidak hanya tertarik pada penggunaan matematikanya sendiri, tetapi juga pada matematikanya sendiri, yaitu berkaitan dengan matematika sebagai suatu sistem formal. Cabang matematika ini  sekarang dikenal sebagai meta matematika. Maka kemudian, matematika berkembang menjadi ilmu mengenai bilangan, bangun, pergerakan, perubahan, ruang dan meta matematika”, lanjut Subanar.
Pembicara lainnya, Dr. Ali Mahmudi, pakar pendidikan yang juga Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY mengemukakan, pembelajaran matematika tidak hanya dimaksudkan untuk penguasaan materi matematika sebagai ilmu semata, melainkan untuk mencapai tujuan yang lebih ideal, yakni penguasaan akan kecakapan matematika (mathematical literacy) yang diperlukan untuk memahami dunia di sekitarnya serta untuk keberhasilan dalam kehidupan. Dengan kata lain, pembelajaran matematika difungsikan sebagai sarana untuk menumbuhkan kecakapan hidup.
Ali Mahmudi juga menjelaskan bahwa untuk meniti sukses hidup di masa depan, individu perlu memiliki sejumlah kompetensi strategis, yakni diantaranya adalah kemampuan berpikir dan karakter yang baik. Pengembangan kompetensi tersebut memerlukan daya dukung yang kuat, salah satunya adalah pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika yang berdaya.
“Pembelajaran harus dikelola dengan baik sehingga lebih berdaya untuk mengembangkan kompetensi tersebut, misalnya melalui aktivitas ilmiah terutama melakukan kebiasaan mempertanyakan (questioning) dan tugas atau soal yang multijawab. Selain itu, pembelajaran yang berdaya juga berpotensi untuk mengembangkan karakter siswa, misalnya melalui soal yang multijawab, siswa belajar mengenai pentingnya sikap terbuka dan menghargai perbedaan pendapat,” tambahnya (witono).
 

Berita Lain

Post date: Fri, 12/19/2025 - 10:37
Dukung Pembelajaran Biologi Kreatif, Mahasiswa FMIPA UNY Salurkan Media Edukatif ke Empat Sekolah Mitra
Post date: Fri, 12/19/2025 - 09:38
Mahasiswa Pendidikan Biologi UNY Laksanakan Monitoring Pertumbuhan dan Pengenalan Jenis Mangrove di Pantai Pasir Mendit, Kulon Progo
Post date: Thu, 12/18/2025 - 10:03
Perkuat Keterkaitan Teori dan Industri, Praktisi Mengajar dalam Mata Kuliah Optimasi Statistika
Post date: Wed, 12/17/2025 - 15:02
Berminat Masuk Kampus Negeri: FMIPA UNY Terima Kunjungan Studi SMA Muhammadiyah 23 Jakarta Timur
Post date: Tue, 12/16/2025 - 10:47
FMIPA UNY Perkuat Kerja Sama Kolaborasi Penelitian dan Publikasi Ilmiahdengan Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung
Post date: Tue, 12/16/2025 - 10:30
Dalami Budaya Organisasi Kemahasiswaan: FMIPA UNY Jadi Tujuan Kunjungan Mahasiswa KKL Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Post date: Mon, 12/15/2025 - 14:16
Perluas Wawasan Sains, Kunjungan Studi SMA Islam Parlauangan Sidoarjo di FMIPA UNY
Post date: Mon, 12/15/2025 - 13:28
Yudisium FMIPA UNY: Kontribusi Lulusan bagi Masyarakat dan Pembangunan Berkelanjutan
Post date: Mon, 12/08/2025 - 08:40
FMIPA UNY Raih Empat Penghargaan pada Final Abdidaya Ormawa 2025
Post date: Sat, 12/06/2025 - 11:15
FMIPA UNY Sabet Gelar Juara Umum MTQ AMLI 2025

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY