Mahasiswa UNY Membuat Gagasan Desa Wisata di Ledhok Blotan Yogyakarta

Mahasiswa UNY yanga terdiri dari Selvia Fitriani (Pendidikan IPA), Bintang Fajar Ariyanto (S1 Teknik Sipil), dan Rifda Muthia Nurul Aini (Pendidikan Kimia) dengan dosen pembimbing Nur Aeni Ariyanti, MP., M.Agr., Ph.D., membuat gagasan tentang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata. Judul gagasan yaitu Inovasi dan Kreativitas dalam Mewujudkan Desa Wisata Ledhok Blotan yang Berbasis Edukasi untuk Menyukseskan SDGs (Sustainable Development Goals) 2030.
Ketua tim, Selvia Fitriani mengatakan, latar belakang kami mengangkat judul tersebut karena kami melihat banyak potensi masyarakat Blothan yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kemajuan khususnya bidang ekonomi dan pariwisata. Selain itu kami juga melihat adanya keinginan dari masyarakat setempat untuk mewujudkan Ledhok Blotan menjadi desa wisata sehingga nantinya dapat membawa dampak positif dan semakin menarik minat wisatawan yang berkunjung.
“Potensi yang sudah tersedia di Ledhok Blothan diantaranya gamelan, batik tulis, wisata alam. Selain itu ada pula Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun masing masing potensi berdiri sendiri belum dijadikan satu paket. Maka ide kami mengadakan paket wisata edukasi di Ledhok blothan”, lanjutnya.
Selvia menjelaskan, potensi tersebut belum mendapat sentuhan dari pihak pemerintah setempat, sehingga tim berusaha memberikan sumbangsih saran demi peningkatan pemanfaatan potensi di Ledhok Blotan tersebut. Beberapa hal yang disarankan antara lain dibuatnya paket wisata, dari yang bersifat online hingga offline. Paket wisata tersebut dapat mengangkat tema sesuai dengan tempat dan kegiatan yang akan dikunjungi dan dilakukan. Misalnya tentang batik dan gamelan, maka temanya adalah tentang kebudayaan.
Lomba yang diselenggaran oleh UNY ini merupakan rankaian kegiatan Dies Natalis ke-58 UNY. Dari puluhan peserta yang mendaftar, dipilih 15 kelompok yang masuk ke babak final. Babak final meliputi artikel ilmiah, video presentasi dan wawancara oleh juri.
Selvia menambahkan, dengan ide ini kami ikut lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional UNYSEF#11 tahun 2022 yang dihelat pada pada 25-28 Mei 2022, dan kami meraih Juara Favorit. (witono)