Lulusan UNY Harus Berkontribusi pada Pembangunan Nasional

UNY tidak mau meluluskan orang yang tidak bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap semua lulusan UNY bisa memberi kontribusi pada pembangunan nasional baik di Jawa, luar Jawa atau luar negeri. Manfaatkan kemampuan anda untuk mengabdi kepada lembaga pemerintah atau non pemerintah juga Negara ini.
Demikian ditegaskan Wakil Dekan I FMIPA UNY, Dr. Suyanta pada acara Yudisium lulusan periode November 2014, yang dilaksanakan belum lama ini . Pada kesempatan tersebut  FMIPA menyudisium 14 lulusan. Ini adalah yudisium yang paling sedikit pesertanya dibandingkan yudisium-yudisium yang lalu.  
Lebih lanjut dikatakan, bekerjalah dimana saja, dan pesan saya bekerjalah di luar Jawa. Di Jawa sudah terlalu padat orangnya. Terutama yang berasal dari luar Jawa setelah lulus lekas pulang, karena di luar Jawa masih butuh tenaga yang banyak, butuh campur tangan kita untuk membangun daerah  yang masih luas dan potensial.  
Pada bagian lain Suyanta juga menjelaskan bahwa mahasiswa yang lulusnya lama, akan mempengaruhi rata-rata lama studi  yaitu rata-rata lama studi menjadi bertambah.. Saat ini rata-rata lama studi di FMIPA adalah 4,5 tahun.  Yang terjadi kalau masa studinya lama adalah BAN (akreditasi) nya jelek. Kelulusan yang lama tidak bisa memberi nilai 4 atau A tapi nilai dibawahnya. Dan yang jadi korban adalah orang-orang berikutnya.
Sementara lulusan terbaik yaitu Vembriarta Ardiyanti  dari Prodi Pendidikan Biologi dengan IPK 3,63 dalam sambutannya mengatakan, jika diibaratkan kami  adalah sebatang korek api yang dapat menyalakan cahaya, maka semoga nanti bisa memberikan penerangan dalam kegelapan, serta bermanfaat kepada masyarakat dan bangsa. (witono)