Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA
  • KEMAHASISWAAN
    • 2025

Breadcrumb

  • Home
  • Kuliah Umum Assist.Prof. Dr. Roseleena Anantanukulwong dari Yala Rajabhat University, Thailand

Kuliah Umum Assist.Prof. Dr. Roseleena Anantanukulwong dari Yala Rajabhat University, Thailand

By witono | 9:55 AM WIB, Fri December 01, 2023

Assist.Prof. Dr. Roseleena Anantanukulwong dari Faculty of Science Technology and Agriculture, Yala Rajabhat University, Thailand, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Roseleena Anantanukulwong berada di FMIPA UNY selama beberapa hari (28/11-4/12/23) untuk menjadi dosen tamu di Departemen Pendidikan IPA.
Pada kesempatan tersebut Roseleena menyampaikan materi tentang Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Dia memberikan contoh beberapa jenis makanan dan budaya yang tergolong dalam kearifan lokal.
Roseleena mengatakan, istilah kearifan lokal disebut juga pengetahuan asli, atau pengetahuan tradisional. Kearifan lokal merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh dari serangkaian kegiatan, seperti mengamati, menganalisis, menafsirkan, dan mencapai kesimpulan. Berkaitan dengan lokal (daerah, tempat/lokal), maka kearifan lokal tidak lain hanyalah kumpulan pengetahuan hasil pemikiran dan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat pada suatu tempat (daerah) atau lokasi.
Tentang bagaimana cara mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran sains, Roseleena menjelaskan yaitu dimaknai sebagai nilai luhur yang dipegang dan dipelihara oleh suatu masyarakat yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di kawasannya. Mencuplik dari beberapa pendapat ahli, Ia mengatakan, menjadikan kearifan lokal sebagai bahan pembelajaran mutlak diperlukan penjelasan ilmiah (Ilmu konsep) tentang fenomena budaya yang ada di sekitar siswa (kearifan lokal). Pendapat lain mengatakan bahwa dengan ciptakan lingkungan belajar yang dapat membantu siswa memahami hubungan dunia kehidupannya dengan apa yang dipelajarinya di sekolah. Dengan kearifan lokal, peserta didik dapat mempelajari nilai-nilai budaya yang dapat mempengaruhi sikap, perilaku, dan keterampilan berpikir.
Tantangan bagi guru sains, yaitu masih sangat sedikit guru yang mengintegrasikan kearifan lokal daerahnya dengan pembelajaran IPA. Salah satu penyebab yang sering disebutkan adalah kurangnya contoh pembelajaran dan cara mengintegrasikannya. Cara merancang kearifan lokal untuk kelas sains dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan wawancara mendalam dengan pakar lokal, kemudian menyusun konsep ilmu pengetahuan agar sesuai dengan kearifan lokal.
Langkah selanjutnya adalah dengan desain pengajaran. Pilih metode pengajaran yang responsif terhadap kearifan lokal. Selanjutnya adalah implementasi dan penilaian. Pembelajaran aktif dan penilaian formatif terhadap kemajuan pembelajaran dalam konsep sains.
“Guru sains juga dapat memasukkan kearifan lokal ke dalam pengelolaan kelas dan praktik pembangunan komunitas. Misalnya, menerapkan praktik lingkaran, di mana siswa duduk melingkar dan berbicara secara bergiliran, dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih inklusif dan saling menghormati. “Tongkat bicara”, yang digunakan dalam beberapa budaya pribumi untuk menunjuk orang yang mempunyai pendapat selama diskusi, dapat diadaptasi untuk digunakan di kelas guna mendorong komunikasi yang saling menghormati”, ungkapnya. (witono)

kuliah
SDGs #4 Pendidikan
#KERJASAMAINTERNASIONAL
#KEMITRAANGLOBAL
#ZONAINTEGRITAS
#REFORMASIBIROKRASI

Berita Lain

Post date: Thu, 10/02/2025 - 10:44
UNY Laksanakan Model Mitigasi Holistik untuk Perkuat Resiliensi Calon Guru SD
Post date: Thu, 10/02/2025 - 09:46
Mewujudkan Asta Cita Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK dalam Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga menjadi Suplemen Cair untuk Tanaman berbasis Carbon Nanomaterials
Post date: Wed, 10/01/2025 - 08:40
Belajar di Hilir, Bergerak dari Hulu: Aksi Pemuda Wujudkan Bantul Bersih Sampah
Post date: Tue, 09/30/2025 - 15:45
FMIPA UNY Gelar Yudisium Periode September 2025, Puluhan Lulusan Siap Sukses Berkarya
Post date: Tue, 09/30/2025 - 14:15
Pendampingan PKP2 P2MW 2025: FMIPA UNY Cetak Generasi Wirausaha Muda
Post date: Mon, 09/29/2025 - 13:55
FMIPA UNY Gelar Seminar Nasional Pendidikan IPA 2025: Penguatan Kearifan Lokal dan Literasi Sains Global
Post date: Mon, 09/29/2025 - 11:16
Kembangkan Inovasi Pendidikan, Tim PkM FMIPA UNY Gelar Workshop Deep Learning untuk Pembelajaran Matematika
Post date: Mon, 09/29/2025 - 09:56
Peran Statistika Dalam Membuktikan Keefektivitasan Zine Therapy di Sekolah Inklusi
Post date: Fri, 09/26/2025 - 15:46
Dari Limbah Jadi Obat: Mahasiswa FMIPA UNY Sulap Kulit Bawang Merah Jadi Antivirus Hepatitis C
Post date: Tue, 09/23/2025 - 13:52
FMIPA UNY Gelar Seleksi ON-MIPA Wilayah Tahun 2025: Ajang Prestasi Mahasiswa Menuju Tingkat Nasional

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretaris Tata Usaha, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY