Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
Silakan masukkan jawaban pada kotak yang telah disediakan
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL FMIPA
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan
    • Laporan Dekan
    • Renstra
  • KERJASAMA
    • Guest Lecturer
    • Lembaga/instansi pemerintah/non pemerintah
    • Pertukaran Mahasiswa
    • Visiting Professor
    • Laporan dan Evaluasi Kerjasama
    • Struktur Organisasi UUIK FMIPA UNY
  • DEPARTEMEN
    • Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Matematika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Matematika
      • Prodi Sarjana Statistika
      • Program Magister Pendidikan Matematika
      • Program Doktor Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Fisika
      • Prodi Sarjana Fisika
      • Prodi Sarjana Pendidikan Fisika
      • Program Magister Pendidikan Fisika
    • Pendidikan Kimia
      • Prodi Sarjana Kimia
      • Prodi Sarjana Pendidikan Kimia
      • Programi Magister Pendidikan Kimia
      • Program Doktor Pendidikan Kimia
    • Pendidikan Biologi
      • Prodi Sarjana Biologi
      • Prodi Sarjana Pendidikan Biologi
      • Program Magister Pendidikan Biologi
    • Pendidikan IPA
      • Prodi Sarjana Pendidikan IPA
      • Program Magister Pendidikan Sains
      • Program Doktor Pendidikan IPA
  • JURNAL
  • PENJAMINAN MUTU
  • PPID
    • Profil PPID FMIPA
    • Struktur PPID FMIPA
    • Formulir Permohonan Informasi
    • Informasi Tersedia Setiap Saat
    • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Wajib Berkala
  • Permohonan Informasi
  • SOP
  • Zona Integritas dan WBK
  • USAHA FMIPA
  • KEMAHASISWAAN
    • 2025

Breadcrumb

  • Home
  • Kalkulator Ilmiah, Teknologi untuk Mendukung Pendidikan Matematika di Sekolah

Kalkulator Ilmiah, Teknologi untuk Mendukung Pendidikan Matematika di Sekolah

By witono | 3:15 PM WIB, Mon October 21, 2019

Kalkulator ilmiah terus menjadi satu-satunya teknologi yang telah dikembangkan secara khusus untuk mendukung pendidikan matematika di sekolah dan mahasiswa S1 tahun awal, dan versi modern memiliki banyak hal untuk ditawarkan baik kepada siswa maupun guru. 
Sementara teknologi lain mungkin lebih kuat secara teknis, kekuatan pendidikan kalkulator muncul dari perpaduan unik antara kemampuan dan properti yang menjadikannya dapat diakses oleh semua siswa pada dasarnya sementara terbukti dapat diterima oleh otoritas penilaian dan kurikulum di banyak tempat di seluruh dunia. 
Hal tersebut disampaikan Prof. Dr. Barry Kissane dari School of Education, Murdoch University, Australia pada The 3rd International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education (ISIMMED) yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis-Jumat, (3-4/10/19) di kampus setempat. Pembicara lain pada seminar tersebut yaitu Prof. Dr. José Antonio Vallejo dari  Universidad Autónoma de San Luis Potosí, Mexico, dan Dr. Ariyadi Wijaya dari FMIPA UNY. Tema 
Lebih lanjut dikatakan, dalam beberapa konteks, versi online kalkulator sesuai dan dapat diterima. Bersama dengan guru yang berpendidikan baik, dan kurikulum yang mengakui pentingnya teknologi modern, kalkulator ilmiah dapat memiliki dampak yang cukup besar pada kelas matematika, menawarkan kesempatan baru untuk belajar bagi semua siswa, tidak hanya mereka yang berada di komunitas yang makmur. Pada gilirannya, integrasi kalkulator ilmiah yang berhasil ke dalam kurikulum matematika dapat diharapkan untuk meningkatkan pendidikan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) secara lebih umum.
Pembicara lainnya, Ariadi Wijaya, mengungkapkan bahwa karakteristik kompleks dari era digital membutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan konseptual. Selain keterampilan yang disebut abad ke-21, 'literasi digital' telah dimunculkan untuk menyoroti serangkaian kompetensi penting untuk mengatasi tuntutan era masa depan. 
“Literasi digital terdiri dari keterampilan praktis dan fungsional, pemikiran kritis dan evaluasi, kreativitas, keamanan elektronik, komunikasi yang mahir, kolaborasi, pemahaman budaya dan sosial, dan pemrosesan informasi. Mengembangkan kompetensi seperti itu sejak awal pendidikan membutuhkan peran besar guru,” tegasnya. 
Ariyadi menambahkan, dengan menerapkan gagasan technological pedagogical content knowledge (TPACK) ke dalam praktik, ada tiga bidang penting yang dipertimbangkan. Pertama, tahap persiapan di mana guru harus merancang atau menyiapkan tugas berbasis teknologi atau bantuan teknologi yang berfokus pada kegiatan eksplorasi. Kedua, selama tahap implementasi guru perlu memberikan perancah yang tepat untuk dibawa dari eksplorasi teknis ke eksplorasi matematika. Terakhir, tahap penilaian dimana guru dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas.
Sementara itu Wakil Rektor bidang Akademik UNY, Prof. Dr. Margana dalam sambutannya mengatakan, sangat disadari bahwa salah satu dari empat tujuan science, technology, engineering & mathematics (STEM) bertujuan untuk mendidik para ahli STEM terbaik di dunia. Sehubungan dengan ini, program pengembangan profesional telah berbagi elemen kepemimpinan yang kuat, membangun kapasitas guru dan dosen, dan memberikan bimbingan instruksional bagi mereka.
Namun, para guru dan dosen STEM kemungkinan menghadapi beberapa kesulitan dalam beradaptasi dengan reformasi integrasi baru ke dalam praktik ruang kelas mereka.
Oleh karena itu, lanjut Margana, program pengembangan profesional STEM yang berkualitas tinggi merupakan kebutuhan mendesak. Sejauh ini, seratus enam puluh (160) artikel penelitian yang berkaitan dengan STEM dari tinjauan jurnal internasional yang mentransformasikan dari pendekatan yang sudah berakar dalam pengajaran dan merangkul sains melalui STEM adalah obat mujarab untuk unggul dalam kompetensi pendidikan abad ke-21. (witono)
 

Berita Lain

Post date: Wed, 09/17/2025 - 13:07
Dorong Digitalisasi dan Kemandirian Pemuda Desa, PPK Ormawa BEM FMIPA UNY Gelar Workshop Pengelolaan Website Desa Prawatan
Post date: Wed, 09/17/2025 - 11:08
Workshop Eco Enzyme: Langkah Nyata FMIPA UNY Wujudkan Kampus Hijau
Post date: Wed, 09/17/2025 - 10:39
Gel Nano-Hidroksiapatit Berbasis Cangkang Keong Macan: Inovasi Biokomposit Kurma Ajwa/Siwak/Propolis untuk Remineralisasi Enamel Gigi
Post date: Mon, 09/08/2025 - 10:26
Kupas Tuntas Engineering Design, Visiting Professor: Dr. Yudhi dari University of Warwick, UK di FMIPA UNY
Post date: Tue, 09/02/2025 - 11:59
Tiga Mahasiswa Doktoral FMIPA UNY Raih Predikat Lulusan Terbaik
Post date: Tue, 09/02/2025 - 11:54
Untuk Pertama Kalinya, FMIPA UNY Luluskan 5 Doktor
Post date: Tue, 09/02/2025 - 11:45
FMIPA UNY Persembahkan 15 Lulusan Terbaik dari Prodi S1 dan S2
Post date: Fri, 08/29/2025 - 13:06
Kolaborasi Inovatif, Tim FMIPA UNY Kenalkan Pemanfaatan Tanaman Obat sebagai Antiseptik di Girirejo
Post date: Fri, 08/29/2025 - 11:23
FMIPA UNY Wisuda 747 Mahasiswa, Cetak Rekor Terbanyak
Post date: Mon, 08/18/2025 - 12:44
Perkuat Penjaminan Mutu, FMIPA UNY Terima Benchmarking Pascasarjana FMIPA UNESA

Pagination

  • Page 1
  • Next page next ›

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Dewan Pertimbangan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Matematika
  • Himpunan Mahasiswa Fisika
  • Himpunan Mahasiswa Kimia
  • Himpunan Mahasiswa Biologi
  • Himpunan Mahasiswa IPA
  • HANCALA (Pecinta Alam)
  • Haska (Kerohanian Islam)
  • SEKRUP (Teater, Seni)
  • KSI MIST (Penelitian)
  • BIONIC (UKM Pengamat Burung)
  • MIPA Creativepreneur Club

Kepala, Sekretaris Layanan Administrasi, dan UUIK

  • Kepala Layanan Administrasi
  • Sekretaris Layanan Administrasi
  • Unit Urusan Internasional dan Kemitraan

Kontak Kami

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kampus Karangmalang
Jl.Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,

Telp. 0274-586168 psw 217, 336
Telp. 0274-565411
FAX. 0274-548203
Email: humas_fmipa@ uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY