Dies Natalis FMIPA ke-59, Rektor: Sekolah dan Naik Jabatan itu Kewajiban

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta genap berusia 59 tahun. Upacara Dies Natalis dilaksanakan Jumat, 1/9/23 di ruang seminar fakultas dengan dihadiri Rektor dan anggota rapat pimpinan (Rapim), senat fakultas, dosen, tendik, serta mahasiswa.  Dies Natalis mengambil tema Meretas Batas Kreativitas melalui Teknologi, Imajinasi, dan inovasi. Orasi ilmiah dipaparkan oleh Prof. Chandra Wahyu Purnomo, S.T., M.E., M.Eng., D.Eng dari UGM.
Dalam sambutannya  Rektor UNY,  Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., menyampaikan bahwa bulan ini kami akan silaturahmi ke fakultas-fakultas untuk menampung  aspirasi dari pimpinan, para koorprodi, kepala layanan, hingga mahasiswa, apa  yang diinginkan oleh FMIPA. Yang kita inginkan adalah kita sejahtera. Oleh karena itu harus ada usaha. Nama dulu baru  ‘jenangnya’ mengikuti.
Rektor juga mengatakan, semoga jumlah doctor di FMIPA bertambah terus, karena untuk PTNBH doctornya 80 % . Jadi dengan segala hormat bagi keluarga FMIPA, sekolah dan naik jabatan itu kewajiban. Salahsatu parameter adalah sumberdaya manusia. Mahasiswa lulus cepat dengan IPK tinggi, masa tunggu kerja yang rendah, itu karena SDM di FMIPA yang hebat-hebat.
Sementara itu Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., menjelaskan, terdapat total 348 prestasi yang diraih oleh mahasiswa FMIPA UNY dari September 2022-Agustus 2023 dengan 203 capaian prestasi di tahun 2023 hingga bulan Agustus 2023. Terlihat prestasi mahasiswa FMIPA UNY tidak hanya di bidang penalaran, namun mencakup seni, olahraga, dan minat khusus. Hal ini menunjukkan mahasiswa juga mengembangkan potensinya tidak hanya di bidang akademik namun juga di bidang non-akademik. Jumlah ini masih akan terus bertambah tentunya karena masih banyak kegiatan lomba yang diadakan di tingkat nasional maupun internasional dan mahasiswa yang belum melaporkan prestasi mereka.
“Kualifikasi dosen yang sudah bergelar doktor hingga Agustus 2023 sebanyak 104 orang. Jumlah dosen dengan kualifikasi doktor ini akan terus mengalami peningkatan, karena saat ini sebanyak 32 dosen sedang menyelesaikan program doktor. Pimpinan fakultas maupun universitas juga secara terus menerus dan berkesinambungan mendorong dan memberikan fasilitasi bagi semua dosen untuk segera melaksanakan kewajiban institusional, yaitu kenaikan pangkat dan jabatan”, lanjutnya.
Prof Chandra Wahyu Purnomo dalam paparannya mengungkapkan,  Pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) telah menjadi tonggak dalam membangun kreativitas dan inovasi. Pendidikan STEM mempersiapkan siswa untuk mengaplikasikan teknologi, menggali imajinasi, dan menciptakan inovasi di bidang yang beragam. Universitas adalah tempat di mana generasi muda dapat merangkai "naratif inovasi” yaitu penggambaran proses, tujuan, dan dampak dari inovasi atau perubahan yang inovatif yang melibatkan penyajian informasi tentang bagaimana suatu ide baru atau solusi telah dikembangkan, diimplementasikan, dan mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Mereka harus diberi kesempatan seluas-luasnya dan diberi kebebasan yang cukup dalam menggabungkan teknologi, imajinasi, dan inovasi untuk membentuk pemikiran kritis, memecahkan masalah yang kompleks, dan mendorong perubahan.
Diakhir acara dilaksanakan pengumuman pemenang  polling FMIPA AWARD dengan kategori dosen  Ter-Baik Hati,  Ter-Disiplin,  Ter-Humoris, dan  Ter-Motivator. Sedangkan untuk tendik kategori  Ter-Ramah, Ter-Solutif, dan Ter-Fast-Respon. Selain  iitu juga ada penghargaan untuk jajaran dekanat FMIPA UNY.  (witono)