STUDI BANDING HIMA KIMIA

Awal berdirinya pabrik jamu Nyonya Meneer adalah ketika awal tahun 1900an Lauw Ping Nio meracik aneka tumbuhan dan rempah untuk diminum suaminya yang sakit. Ternyata ramuan itu mujarab, padahal berbagai pengobatan tidak mampu memulihkan kondisi sang suami tercinta. Lauw Ping Nio atau lebih dikenal dengan Nyonya Meneer namanya berasal dari beras menir, yaitu sisa butir halus penumbukan padi. Ibunya mengidam dan memakan beras ini sehingga pada waktu bayi yang dikandungnya lahir kemudian diberi nama Menir. Karena pengaruh ejaan Belanda ejaan Menir berubah menjadi Meneer. Nyonya Meneer yang ringan tangan dan sangat peduli pada orang-orang di sekitarnya dengan senang hati meracik untuk mereka yang demam, sakit kepala, masuk angin dan terserang berbagai penyakit ringan lainnya.
Berbekal perabotan dapur biasa, usaha keluarga ini terus memperluas penjualan ke kota-kota sekitar. Bahkan, pada tahun 1919, Nyonya Meneer berhasil mewujudkan impiannya, mendirikan perusahaan "Jamu Jawa Asli Cap Portret Nyonya Meneer di Semarang". Perusahaan terus berkembang dengan bantuan anak-anaknya yang mulai besar. Seorang putrinya, Nonnie hijrah ke Jakarta pada tahun 1940. Dialah yang merintis dibukanya toko Nyonya Meneer, di Jalan Juanda, Pasar Baru. Jamu yang tadinya muncul dari keterbatasan dan keprihatinan ini pun masuk ke ibukota dan meluas ke seluruh penjuru negeri. Demikian dijelaskan Sri Dayuni humas PT Nyonya Meneer Semarang dalam kunjungan studi banding dan kunjungan industri himpunan mahasiswa jurusan pendidikan kimia (hima kimia) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta pada Senin - Selasa 4-5 Juli 2011.
Studi banding dan kunjungan industri ini diselenggarakan dalam rangka menambah wawasan mahasiswa kimia tentang industri pada umumnya serta menjalin silaturahmi ke jurusan kimia FMIPA Universitas Diponegoro Semarang, PT Nyonya Meneer Semarang, Coca Cola Amatil Indonesia Ungaran dan PT Bina Guna Kimia Ungaran didampingi dosen pembimbing Sulistyani, M.Si dan Siti Marwati, M.Si serta diikuti oleh 54 orang anggota hima kimia FMIPA UNY. Di PT Bina Guna Kimia rombongan disambut Hesti dan Dyah, staf humas PT. Bina Guna Kimia dan diberi penjelasan tentang PT. Bina Guna Kimia yang telah ada sejak tahun 1979 dan memproduksi berbagai jenis pestisida. Sedangkan di Coca Cola rombongan disambut humas CCA Semarang Ida Lukitowati dan diberi kesempatan meninjau pabrik (plant tour). Di Universitas Diponegoro Semarang rombongan disambut oleh Ketua Jurusan Kimia FMIPA Drs. Gunawan, MSi. Pada kesempatan ini Kasmadi menyampaikan rasa gembira atas kunjungan dari himpunan mahasiswa kimia dan berharap agar kunjungan ini dapat mempererat silaturahmi kedua perguruan tinggi. Mahasiswa juga diajak mengikuti campus trip mengelilingi kompleks FMIPA Undip dan mengunjungi laboratorium kimia.