Perolehan Dana Eksternal Penelitian Indikator Kualitas Perguruan Tinggi

Semua dosen punya kewajiban untuk mendapatkan penelitian, pengabdian. Salah satu indicator berkualitasnya fakultas atau perguruan tinggi adalah bagaimana mampu meraih dana-dana eksternal baik mengenai penelitian, pengabdian, dsb. Dengan kita meraih dana eksternal berarti kita telah menunjukkan kualitas kita mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain.
Kegiatan semacam ini di FMIPA baru tahun ini kita mulai, karena tahun sebelumnya walaupun dibiarkan saja jumlahnya tetap paling banyak yang dapat karena banyak para peneliti senior yang setiap tahun mendapatkan dana. Tapi bukan berarti kita berpuas diri dengan capaian yang telah kita dapatkan, khususnya dalam konteks pengabdian PKM yang kita masih kurang. Demikian disampaikan Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si., pada acara Workshop Finalisasi Substansi dan Kelengkapan Proposal BIMA bagi dosen FMIPA yang dilaksanakan Sabtu, 16/3/24 di Hotel UNY. Pendampingan dilakukan oleh Dr. Darmono, MT dari FT UNY.
Lebih lanjut Dekan mengatakan, Kami dari fakultas mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam persaingan proposal untuk dikompetisikan di tingkat nasional. Kita menghadirkan dosen-dosen yang dengan penelitian ini, akan memberikan kontribusi yang luar bisaa. Penelitian yang ujungnya adalah publikasi, HKI, atau buku, semuanya adalah bagian-bagian yang tidak terlepaskan dari indicator kinerja utama universitas.  Kita maksimalkan kegiatan ini sehingga bisa memanfaatkan para mentor yang mendampingi, karena mereka sudah berpengalaman banyak bagaimana bisa memenangkan sebuah kompetisi.
“Karena proposal ini sifatnya adalah kompetitif nasional dengan alokasi dana yang semakin tahun semakin bertambah. Hal ini tentu persaingan menjadi semakin ketat. Pastikan hal yang bersifat administrative dipenuhi. Yang dipersaingkan bukan hanya konten tapi juga reputasi dosen. Kewajiban dosen adalah mengunggah apa yang belum terunggah di sinta itu menjadi sangat penting, karena nanti akan dibaca untuk menjadi track record, dan ini masuk penilaian yang cukup tinggi. Jadi yang belum mengupload maksimalkan mengupload sehingga memperoleh nilai yang maksimal”, tambahnya. (witono)