Mahasiswa UNY Juara III Lomba Fotografi Nasional

Prajawan Kusuma Wardhana, mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY berhasil meraih juara III lomba fotografi yang diselenggarakan  oleh Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jawa Timur. Lomba dengan tema “Gelar Foto Konservasi Taman Nasional Meru Betiri 2013” ini berlangsung pada 23-24/11/ 2013 dan iikuti oleh 30 peserta. Atas prestasinya ini Prajawan berhak mendapat tropi, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,00.
 Para peserta dari berbagai kalangan baik pelajar, mahasiswa, maupun pecinta wildlife sangat antusias mengikuti lomba yang dilaksanakan  di Resort Bandealit Ambulu.
Prajawan mengungkapkan , memotret di Bandealit ternyata sangat susah. Tingginya kanopi pohon membuat sulitnya menjangkau burung yang berada di tajuk. Ketika sudah frustasi tidak dapat menemukan burung yang spesial, tiba-tiba ada seekor burung berukuran besar melintas dan bertengger di depan saya.
“Tidak saya lewatkan langsung saya  mencet shutter kamera saya untuk mendapatkan foto burung yang termasuk jenis susah ditemukan disini. Burung tersebut adalah burung nocturnal (aktif pada malam hari), yaitu Beluk ketupa atau dalam nama ilmiah disebut Ketupa ketupu . Beruntung dengan foto ini saya mendapat juara III !” jelasnya.
Objek dalam lomba ini, menurut Prajawan, tidak hanya burung, namun peserta juga boleh memotret mamalia seperti banteng, reptil, amphibi, maupun serangga.  
Kepala Balai TNMB mengatakan,  ajang lomba fotografi ini tidak hanya untuk mempromosikan TNMB semata, namun  juga untuk menambah catatan baru tentang keanekaragaman hayati di kawasan ini. (nurohman/witono)