LOMBA KALIGRAFI, FINAL DA'I, DAN FINAL MTQ SISWA SMA/MA SE-DIY

Dalam rangkaian Gema Ramadhan 1445 H, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan Lomba Tingkat SMA/MA Se-DIY dan sudah memasuki Babak Final. Sekitar 17 siswa dari berbagai SMA/MA se-DIY memeriahkan Lomba Kaligrafi, Final Da'i, dan Final Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang diselenggarakan Sabtu, 23/3/24 di FMIPA UNY. Acara dibuka Ketua Panitia, Fatahilah Annashiriy yang mengapresiasi antusiasme para peserta dalam mengikuti lomba ini dan berharap semoga kegiatan lomba berjalan dengan lancar.
Dr. Tien Aminatun, M.Si,, Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha FMIPA dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap kegiatan yang bertujuan meningkatkan nilai-nilai keagamaan dan seni di kalangan generasi muda.
“Kegiatan lomba sebagai salah satu rangkaian acara gema ramadhan sangat bagus untuk memfasilitasi adik-adik siswa SMA yang semangat mengikuti aktivitas keagamaan. Semoga bakatnya terus diasah sehingga kedepannya semakin maksimal dan bisa sebagai bekal untuk masuk ke perguruan tinggi, diantaranya lewat jalur tahfiz," ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan peserta Final Lomba Da'i, yang diikuti oleh 2 orang kandidat terbaik, yaitu Aditama Bayu Saputra dari SMAN 1 Bambanglipuro dan Laila Nurikhma Ramadhani dari SMAN 1 Sanden. Para finalis menyajikan materi ceramah Islami yang inspiratif dan penuh makna, juga menghadirkan contoh-contoh yang dekat dengan kondisi saat ini menunjukkan kematangan pemikiran dan penghayatan nilai-nilai keagamaan.
Pada final MTQ, tiga peserta terbaik mampu memukau penonton dan dewan juri dengan kefasihan mereka dalam membaca Al-Qur'an dan juga irama bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan. Finalis yang bertanding yaitu Renaissa Fikria Annajah dari SMAN 4 Yogyakarta, Maulana Subkti dari SMK Darul Ulum Muhammadiyah Galur, dan Nafisatunnida dari SMAN 1 Lendah.
Sementara itu, 10 peserta Lomba Kaligrafi menunjukkan kepiawaian mereka dalam menyusun dan menghias huruf-huruf Arab dengan indah dan rapi. Karya-karya kaligrafi mereka menunjukkan keindahan seni tulis Islam yang sarat dengan makna dan juga kesan estetika.
Dewan Juri dalam final lomba ini, untuk lomba Da’i yaitu Muhammad Al Jabbar dan Alfi Syahril. Dewan juri lomba MTQ adalah Muhammad Bayu Setyo, S.Pd dan Alfi Syahril, dan untuk lomba kaligrafi yaitu Rahmat Pardomuan dan Muhammad Abroor. Para dewan juri memberikan penilaian yang objektif dan adil terhadap setiap kategori lomba. (amri/witono)