ISMA DWI KURNIAWAN, MAHASISWA FMIPA PRESENTASI DI THAILAND

Isma Dwi Kurniawan, mahasiswa prodi Pendidikan Biologi Internasional FMIPA UNY mengikuti ASEAN Academic Society Internasional Conference (AASIC) di BP Grand Tower Hotel, Hat Yai, Thailand pada 7-8 Desember 2012. AASIC merupakan konferensi Internasional yang digelar oleh PERMITHA (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand) dan bekerjasama dengan Kedutaan besar Republik Indonesia untuk Thailand. AASIC tahun ini adalah kali kedua diselenggarakan setelah pada tahun lalu juga diselenggarakan di Ramada D’Ma Hotel, Bangkok, Thailand. Tahun ini, Prince of Songkla University ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara AASIC 2012.
Dikatakan Isma, AASIC 2012 mengusung tema besar besar “Venturing into the ASEAN Community 2015: Bringing up the cutting edge of science and technology”. Adapun sub tema yang dibahas dalam kegiatan konferensi ini terdiri dari 3 sub tema, yakni health science, science, technology and environment, dan social science and humanities. “Dalam konferensi ini, saya mempresentasikan paper hasil penelitiannya yang termasuk dalam sub tema science, technology and environment dengan judul The Diversity of Zooplankton in the Underground River of Jlamprong Cave, Gunungsewu Karst Area, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia,” lanjutnya.
Dijelaskan, AASIC 2012 diikuti oleh para peneliti yang berasal dari berbagai Negara baik dari kalangan profesional, dosen, maupun mahasiswa. Dalam kegiatan ini, para peneliti saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai hasil-hasil penelitiannya.
“Keiikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan bertaraf internasional seperti ini amat penting dan memiliki manfaat yang sangat besar tidak hanya bagi mahasiswa tersebut, akan tetapi juga bagi nama almamater. Selain dapat menambah banyak pengalaman, ilmu, kreativitas, dan membuka link untuk dapat berkerjasama dengan ilmuan dari negara lain, kegiatan semacam ini dapat memperkenalkan Universitas Negeri Yogyakarta agar lebih dikenal di dunia Internasional,” Isma menambahkan. (Isma/witono)