Es Krim Kulit Manggis

Buah manggis, buah yang banyak ditemui di Indonesia. Buahnya terasa manis sehingga disukai banyak orang. Tapi sebagian besar masyarakat membuang begitu saja kulit manggis tersebut setelah diambil dagingnya.
Tapi Kulit buah manggis tersebut ternyata mengandung zat yang baik untuk kesehatan yaitu senyawa golongan xanton. Dari percobaan isolasi yang dipandu uji aktivitas diketahui senyawa paling aktifnya adalah alfa-mangostin, gamma-mangostin dan garsinon-E.
Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ekstak kulit buah manggis dan senyawa aktifnya memiliki aktivitas farmakologi yaitu anti-alergi, anti flamasi, anti-oksidan, anti-kanker, anti mikroorganisme, anti-aterosklerosis, dan bahkan anti-HIV. Pada uji toksisitas, ekstak etanol buah manggis yang mengandung senyawa aktif xanton tidak menunjukkan toksisitas baik secara akut maupun sub-kronis.
Sampai sekarang pemanfaatan kulit buah manggis belum maksimal. Salah satu bentuk pemanfaatan kulit buah manggis adalah dengan menjadikannya jus. Namun, rasanya tidak seenak buahnya sehingga masyarakat malas untuk mengonsumsinya.
Tapi ditangan tiga mahasiswa FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), kulit manggis tadi dibuat inovasi yaitu menjadi Es Krim sebagai makanan sehat dan bernilai ekonomis. Mahasiswa tersebut yaitu, Ani Rahmawati Dewi dari prodi Pendidikan Kimia, Kyki Roshita Dewi prodi Matematika, dan Yuyun Amsari prodi Kimia.
Dijelaskan Ani, es krim  merupakan salah satu olahan makanan yang mudah dibuat dan cocok dinikmati kapan saja. Bisa dinikmati sambil melihat televisi, membaca, belajar, suguhan untuk tamu atau ketika kumpul keluarga. Ek krim juga diminati berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.
Pada awalnya, lanjut Ani,  kami mengira es krim kulit manggis ini akan terasa pahit. Tapi setelah mencoba salah satu resep es krim berbahan sederhana yang kemudian kami tambahkan kulit manggis yang telah dihaluskan, hasilnya cukup memuaskan. Karena rasa krim tersebut enak dan tidak terasa pahit atau sepat seperti rasa kulit manggis sebelum kami olah.
“Es krim kulit manggis ini diproduksi dengan tiga variasi rasa, yaitu rasa coklat, vanila dan stroberi. Pembuatan es krim kulit manggis ini mampu mengoptimalkan khasiat dan nilai ekonomis dari kulit manggis serta sebagai peluang usaha baru bagi mahasiswa,” jelasnya.
Kata Ani, merk dagang produk ini adalah “Es Krim Kulit Manggis”. Kami menjual es krim per cup adalah Rp 2.000,00, 2.500,00, dan 3.000,00 tergantung besar cupnya. Sedangkan pemasarannya dilakukan melalui promosi langsung ke masyarakat, Bekerja sama dengan mini market, serta di facebook: magis ice, twitter: @magis_ice.  (witono)