BIONIC UNY Borong Juara event 4th Annual Baluran-PLN Birding Competition 2013

Kelompok Pengamat Burung BIONIC Universitas Negeri Yogyakarta (KPB BIONIC UNY) kembali menorehkan prestasinya dalam ajang Kompetisi Pengamatan Burung (Birding Competition) tingkat Nasional. Kali ini dalam event 4th Annual Baluran-PLN Birding Competition 2013 yang diadakan oleh Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur bekerjasama dengan PT. PLN (Persero).
KPB Bionic UNY berhasil merebut  gelar Juara 1, Juara 2, dan Juara 3 sekaligus. Juara 1 di rebut oleh Tim Bionic Uchirama Konohabinangun  Sembada yang terdiri dari Panji Gusti Akbar, Satrio Haryo Pamungkas, dan Ekky Yudha, Juara 2 direbut oleh Tim Better Right Hand Bionic yang beranggotakan Teguh Willy Nugroho, Kurnia Ahmadin, dan Han Prasetyo Adi, dan Juara 3 direbut oleh Tim Bionic Bakpia Pathuk yang beranggotakan Imam Kholil, Ari Nidhi Astuti, dan Puspa Hening.
Arellea Revina Dewi, salah satu anggota KPB Bionic UNY yang menjadi peserta, mengatakan bahwa Bionic mengirimkan 8 tim untuk mengikuti kompetisi pengamatan burung. Tiga tim diantaranya berhasil merebut juara. Tidak tanggung-tanggung, Juara 1, 2, dan 3 berhasil digondol oleh Bionic. Juara pertama meraih hadiah berupa Piala Bupati Situbondo dan uang Tunai Rp 12.000.000,00, Juara 2 memperoleh Piala Kepala Balai TN Baluran dan uang tunai Rp 9.000.000,00, dan Juara 3 memperoleh Piala PLN dan uang tunai Rp 6.000.000,00. Sehingga KPB Bionic UNY berhasil membawa pulang tiga tropi sekaligus dan uang tunai dua puluh tujuh juta rupiah.
Acara 4th Annual Baluran-PLN Birding Competition 2013 ini merupakan agenda rutin yang telah diselenggarakan oleh Taman Nasional Baluran semenjak 2010 lalu. Kegiatan berlangsung pada 26-30 Juni 2013 di Taman Nasional Baluran memperebutkan total hadiah 80 juta rupiah. Kepala Balai Taman Nasional Baluran, Ir. Indra Arinal, menyampaikan dalam sambutannya, “Baluran Birding Competition ini merupakan kegiatan kompetisi pengamatan burung ke-4 kalinya yang dilaksanakan oleh TN Baluran. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dalam kompetisi tahun ini ada dua kategori lomba yaitu Fotografi dan Pengamatan Burung. Sedangkan untuk Pengamatan Burung ada inovasi baru yaitu dengan menulis artikel semi-ilmiah dengan tema Burung-Burung Baluran”.  (prajawan)