MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI INTERNASIONAL UNY MENJADI PEMBICARA DI THAILAND

Muhammad Anand Ardhiansyah  mahasiswa Pendidikan Biologi Internasional FMIPA UNY diundang sebagai salah satu speaker pada acara International Conference on Biology, Environment and Chemistry (ICBEC) 2012. Acara yang disponsori oleh Asia-Pasifik Kimia, Engineering Society Biologi Lingkungan (APCBEES), dan didukung oleh Anggota CBEES dan sarjana dari universitas dari berbagai belahan dunia. Konferensi ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 November di Firsthotel, Petchtaburi Road, Bangkok, Thailand.
3rd International Conference on Biology, Environment and Chemistry ICBEC 2012 Bangkok, Thailand adalah  seri dari konferensi yang diikuti tidak kurang dari 20 negara dari belahan dunia. Konferensi ini  bertujuan untuk menyediakan forum untuk wadah prinsip pendekatan baru untuk Biologi, Lingkungan, dan Kimia. Untuk itu konferesi ini bertujuan untuk menarik peserta dengan latar belakang yang berbeda, untuk mendorong pertukaran pikiran dan hasil penelitian yang berbeda dan untuk mengungkapkan serta mendiskusikan teori-teori yang inovatif, sistematis, dan aplikatif.
Muhammad Anand Ardhiansyah dengan judul paper “The Diversity of Butterfly in Ancient Volcano Mount of Ngglanggerran Yogyakarta Regency” membahas mengenai keanekaragaman kupu-kupu yang berada di Gunung Api Purba Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Ditemukan 14 spesies,yaitu : Delias hyparete, Delias pasithoe, Euploea eunice, Eurema alitha, Graphium Agamemnon, Ideopsis juventa, Junonia hedonia, Pachliopta aristolochiae, Euploea mulciber, Euploea algeo, Neptis hylas, Doleschallia bisaltidae, Eurema hecabe. 14 spesies tersebut tergolong dari 3 genus pada area ini, yaitu : genus Pieridae , Nymphalidae, Papilionidae. Keanekaragaman kupu-kupu di Gunung Api Purba Nglanggeran didominasi oleh genus Nymphalidae karena terdapat banyak tumbuhan inang yang sesuai dengan genus Nymphalidae.
“Indonesia masih memiliki kekayaan alam yang lain yang masih belum teridentifikasi. Maka dari itu mumpung masih muda, lakukanlah penelitian apapun yang sesuai bidang kita. Banyak sekali sumber dana yang bisa digunakan untuk biaya penelitian kita. Jadi, tidak ada alasan lagi kita selaku mahasiswa untuk bermalas-malasan”, Ungkap Anand. (Anand/Witono)