TIM PHP2D HIMATIKA UNY 2021 MEMBANGUN PANTAI PANDANSARI SEBAGAI BENTUK PERSIAPAN UNTUK MENYONGSONG PARIWISATA INTERNASIONAL DI BANTUL

Tim Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (Himatika) UNY menjadi salah satu tim penerima dana hibah dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021. PHP2D merupakan program yang mempunyai relevansi dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dibentuk di bawah naungan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Melalui PHP2D, kemampuan mahasiswa dalam hal pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dapat dikembangkan karena pada dasarnya dengan PHP2D mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun secara langsung membangun desa. Mahasiswa yang tergabung dalam Tim PHP2D Himatika UNY dengan pembimbing Heru Sukoco, S.Si., M.Pd. berasal dari tiga program studi yaitu Prodi Pendidikan Matematika 4 orang, Prodi Matematika 8 orang, dan Prodi Statistika 3 orang.
Pantai Pandansari berada di Padukuhan Wonoroto, Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun dimasa mendatang Pantai Pandansari diharapkan menjadi pantai internasional, selama ini pengelolaan dari wisata Pantai Pandansari masih kurang maksimal dan eksistensi dari Pantai Pandansari sendiri dinilai masih cenderung rendah dibandingkan dengan pantai lain di Bantul. Hal tersebut cukup disayangkan karena sebenarnya Pantai Pandansari memiliki potensi sebagai destinasi wisata yang sangat menarik karena keberadaan mercusuar yang sangat ikonis, fasilitas camping ground, sampai dengan agrowisata kebun buah naga, apalagi dari tingginya potensi tersebut dilakukan pengoptimalan dari segi sumber daya manusia, fasilitas pendukung, dan sarana prasarana.
Oleh karena itu, para mahasiswa melaksanakan berbagai program sejak bulan Juli hingga November 2021 demi terwujudnya kemajuan Pantai Pandansari yang dapat bersaing selaras dengan judul yang diajukan dalam PHP2D 2021 ini, yaitu “Optimalisasi Sumber Daya Manusia dan Potensi Alam Pantai Pandansari sebagai Destinasi Wisata Ekowisata dan Camping Ground Berbasis Protokol Kesehatan Kalurahan Gadingsari”.
Keberadaan Tim PHP2D Himatika UNY 2021 disambut baik secara positif oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan masyarakat sekitar di Pantai Pandansari. Pokdarwis, karang taruna, pihak Kelurahan Gadingsari, dan warga setempat. Mereka berpartisipasi aktif dalam setiap program yang dicanangkan oleh tim.
Tim PHP2D Himatika UNY 2021 melaksanakan berbagai program terkait dengan beberapa fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Pantai Pandansari itu sendiri. Adapun program-program yang sudah terlaksana dengan baik di antaranya adalah perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana yang memadai seperti pengecatan toilet, pemasangan lampu penerangan, pembuatan spot foto, bangku, dan ayunan di Pantai Pandansari, perbaikan fasilitas yang ada di camping ground Pantai Pandansari seperti pengecatan toilet dan pendopo utama, perbaikan saluran air, pembuatan spot foto berupa rumah pohon, dan pembersihan area camping ground serta penyusunan Buku Panduan Camping Ground Pantai Pandansari sebagai bentuk luaran dari PHP2D yang menjadi pedoman dan petunjuk bagi pengunjung di Camping Ground Pantai Pandansari;
Selain itu juga perbaikan fasilitas dan lapangan untuk olahraga voli, pelaksanaan program pelatihan manajemen dan pengelolaan pantai yang diisi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pada 25 September 2021, pelatihan protokol kesehatan bersama satgas setempat yang dilaksanakan 31 Oktober 2021, dan pelatihan publikasi untuk masyarakat. Bahkan selain dari program-program yang sebelumnya sudah dirancang, Tim PHP2D juga terlibat dalam beberapa kegiatan pelatihan Jatilan Mudho Sari yang ada di Dusun Wonoroto sampai dengan menyukseskan kegiatan vaksinasi massal di Kelurahan Gadingsari.
Pada pelatihan manajemen dan pengelolaan pantai, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. sebagai Kepala Dinas Pariwisata Bantul sekaligus pembicara dalam pelatihan tersebut memaparkan bahwa Pantai Pandansari direncanakan akan dijadikan sebagai pantai internasional dan beliau menyampaikan bahwa tempat wisata harus bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat, dan untuk itu diperlukan adanya tim yang siap untuk mengelola tempat wisata tersebut agar dapat terkontrol dengan baik. Beliau mengapresiasi keberadaan Tim PHP2D Himatika UNY yang berfokus pada pengembangan pariwisata dan penguatan kelembagaan yang ada di Kelurahan Gadingsari dalam pengembangan pariwisata. Dari berbagai program dari Tim PHP2D Himatika UNY 2021 yang sudah terlaksana sejauh ini, diharapkan bahwa hal ini dapat dan mampu mewujudkan Pantai Pandansari sebagai destinasi wisata alam yang lebih maju, mampu bersaing, dan siap go international. (tim/witono)