Siswa baru SMP N 3 Kasihan belajar IPA di UNY

Sebanyak 128 siswa didampingi 10 guru melaksanakan Kunjungan Studi di Laboratorium (Lab) Pendidikan IPA di FMIPA UNY, Kamis 30/7. Wakil kepala Sekolah, Mundilartono dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan studi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) siswa baru disekolah kami.
“Dengan kegiatan seperti ini diharapkan siswa baru dapat pengetahuan serta pengalaman sebagai bekal belajar di sekolah terutama diperalatan pratikum”, lanjutnya.
Sementara itu Widodo Setyo Wibowo, M.Pd., dosen IPA FMIPA UNY dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari ada unsur IPA walaupun tidak kita sadari.
Dijelaskan, bahwa untuk belajar IPA Labnya tidak harus berbentuk ruangan, tetapi kita dapat melakukannya dengan eksperimen angan-angan. Dan bahkan juga dengan teknologi sekarang kita dapat menggunakan teknologi informasi teknologi computer dan internet untuk melakukan eksperimen secara virtual atau secara maya.
Pada kesempatan tersebut didemonstrasikan beberapa praktik IPA seperti penggunaan respirometer,  membuat pendeteksi kandungan boraks/formalin sederhana serta praktik lainnya yang disampaikan oleh para dosen Pendidikan IPA.
Setelah selesai demonstrasi para siswa mengunjungi Lab Pendidikan IPA. Disana para siswa melihat berbagai peralatan Lab dan hasil karya mahasiswa Pendidikan IPA.(Witono)