Mahasiswa UIN RADEN FATAH PALEMBANG PRAKTIKUM DI FMIPA UNY

Sebanyak 110 mahasiswa prodi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan kuliah lapangan di FMIPA UNY dari Senin-Rabu, 6-8/1/20. Kegiatan kuliah lapangan di isi dengan pemaparan materi dan praktikum di laboratorium Pendidikan Biologi FMIPA.
Kegiatan hari pertama diisi dengan pembukaan, pretest dan pemaparan materi tentang Media Pembelajaran, Pemanfaatan Kebun Biologi, Pengantar Biologi Sel dan Molekuler, dan Kurikulum. Di hari kedua kegiatan dilaksanakan dilaboratorium yaitu praktikum. Di laboratorium peserta di bagi menjadi 5 kelompok. Mereka praktikum tentang bioresin, kultur jaringan tumbuhan, biologi molekuler, pembuatan preparat jaringan hewan, serta permbuatan preparat jaringan tumbuhan. Sedangkan dihari terakhir yaitu post test dan penutupan
Pada acara penutupan kegiatan Dekan FMIPA UNU, Prof. Dr. Ariswan, menyampaikan bahwa UNY terbuka untuk diajak kerjasama dengan pihak lain termasuk dari UIN Raden Fatah Palembang. Kerjasama yang bisa dilakukan antara lain program transfer kredit, join research, dll.
“Para mahasiswa tidak salah kalau memilih FMIPA UNY sebagai tempat untuk belajar biologi, karena standar pendidikan biologi ada di 3 universitas yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Malang (UM),” lanjutnya.
Dekan menjelaskan, kami senang karena bisa memberi kemanfaatan pengembangan biologi kepada orang lain. Dengan demikian para mahasiswa bisa melakukan praktikum dimana di universitas asal sana belum bisa melakukan praktikum untuk hal-hal tertentu.
Sementara itu, Jhon Riswanda, M.Kes., Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi  UIN Raden Fatah Palembang menyampaikan terima kasih telah para mahasiswanya diperkenankan untuk kuliah lapangan di UNY. Beliau menyampaikan bahwa tujuan KKL di UNY karena sarana dan prasarana di UIN masih minim, karena itu kami memilih untuk menutupi kekurangan dalam hal praktikum seperti kultur jaringan, fisiologi hewan dll dengan praktikum di UNY.
“Ke depan kami berharap kerjasama ini berlangsung terus. Dan dari tahun ke tahun ada mahasiswa kami yang melanjutkan S2 ke UNY,” lanjutnya. (witono)