FESPA#1 BEM FMIPA UNY 2020

Departemen Kajian, Riset, dan Politik BEM FMIPA UNY menyelenggarakan Festival Politik MIPA#1 (FESPA#1) pada Minggu 22/11/20 secara daring melalui zoom meeting dikarenakan kondisi pandemi.  Kegiatan ini berisikan talkshow dan diskusi ringan dengan pembicara yang ahli dibidangnya sesuai dengan tema yang mengiringi. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 22 November 2020 secara daring melalui zoom meeting dikarenakan kondisi pandemi. Pembicara pada talkshow tersebut yaitu Zaenal Muttaqin, S.S., Sekretaris Umum Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI) dan Peter Johannes Rotti, jurnalis dari media Suara.com 
Pada kesempatan ini, FESPA#1 mengusung tema “Benarkah ‘KATANYA’ Dalang Kesejahteraan Rakyat Bersembunyi di Balik Aparat?”, dengan diikuti oleh lebih dari 180 peserta yang meliputi mahasiswa dan khalayak umum. Tujuan dari festival ini yaitu untuk memfasilitasi mahasiswa dan masyarakat dalam menambah wawasan serta mengetahui persoalan terkait dinamika politik di negeri ini. 
Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Ariswan, M.Si., DEA., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan festival politik ini, mengingat Festival Politik MIPA merupakan acara perdana di lingkungan FMIPA yang berkaitan dengan unsur politik. Beliau menyampaikan bahwa pengetahuan terkait politik itu juga perlu digali dan dikaji sekalipun dari masyarakat saintis.
 Dalam penyampaian materi, kedua pembicara memberikan materi terkait dengan pergerakan mahasiswa dan pergerakan jurnalis dalam menyatakan pendapat di muka publik. Selain itu, penyampaian terkait perbandingan antara situasi saat ini dan situasi pada tahun 1998. Disampaikan pula beberapa saran dan solusi untuk para peserta dalam menghadapi situasi lapangan saat mengikuti aksi. Setiap sesi dalam penyampaian materi diselingi dengan tampilan musik dari pengisi acara, yakni Band Karpal dari FMIPA UNY. (isha/witono)