Belajar Desain Bersama HIMA Biologi

Masa pandemi menghambat beberapa aktifitas mahasiswa. Banyak program kerja yang harus dialihkan menjadi daring bahkan beberapa kegiatan ada yang harus ditunda. Namun, hal tersebut tidak menjadikan Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA UNY untuk berhenti berkarya. Pasalnya, organisasi mahasiswa ini telah berhasil menyelenggarakan pelatihan desain MERISTEM#1 tentang aplikasi Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator pada Minggu (18/10). Kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa Jurusan Biologi tersebut mendapat respon yang baik dari pesertanya.
“Belajar desain itu gampang-gampang susah. Susahnya jika hanya mempelajari teori saja, sedangkan mudahnya kalau sudah dipraktikkan secara langsung. Aplikasi Photoshop sendiri dapat digunakan untuk desain infografis, tetapi akan lebih baik jika digunakan sebagai desain foto atau gambar. Hal ini karena fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut lebih condong ke pengeditan foto.” Demikian penjelasan Anita Rakhma, pemateri aplikasi Photoshop yang merupakan mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018.
Kegiatan MERISTEM#1 dilaksanakan secara daring dengan membagi acara menjadi dua sesi, di mana sesi pertama membahas aplikasi Adobe Photoshop yang kemudian dilanjutkan sesi kedua mengenai aplikasi Adobe Ilustrator. Pengajuan pertanyaan dilakukan oleh peserta setelah materi selesai disampaikan.
“Pembuatan Curriculum Vitae (CV) dapat dilakukan menggunakan Adobe Ilustrator. Pasalnya, aplikasi tersebut memiliki berbagai fitur yang sangat mendukung dalam pembuatan infografis sehingga peserta dapat mengkreasikan desain sesuai keinginan mereka. Selain itu pada aplikasi ini juga terdapat multilayer yang menambah kemudahan peserta untuk mengkombinasikan desain yang akan dibuat.” Terang Hanan Dimas Prasetya, mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2019 yang merupakan pemateri kedua. Ia juga mengatakan bahwa dengan berlatih Adobe Ilustrator peserta diharapkan mampu membuat desain Curriculum Vitae (CV) sendiri sehingga akan memiliki nilai lebih. (dian & nurul)