Asesmen Lapangan BAN-PT ke Prodi Statistika FMIPA UNY

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan asesmen lapangan sehubungan dengan  usulan akreditasi Program Studi (prodi) S1 Statistika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Asesmen dilaksanakan secara daring  pada Rabu-Kamis, 21-22/4/21. Bertindak sebagai asesor yaitu Dr. Arisman Adnan, M.Sc., dari Universitas Riau dan Dr. Yusep Suparman, S.Si., M.Sc., dari Universitas Padjajaran
Pada acara pembukaan, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.AIFO, dalam menyampaikan, Kami tahu persis komitmen fakultas MIPA saat itu untuk dibukanya prodi S1 Statistika. Kami percaya saat itu prodi ini adalah prodi yang sangat qualified, telah direkomendasikan untuk dibuka dan ternyata luar biasa animo peminat, kualifikasi calon yang diterima sangat membanggakan  UNY.
“Semoga dengan asesmen lapangan daring  terkait prodi S1 Statistika  yang beberapa saat lalu sampai saat ini selalu mengoptimalkan daya tarik prodi, daya saing prodi itu apakah dalam konteks menyiapkan SDM, dosen, tendik, mahasiswa, bermitra dengan stakeholder atau mitra unit yang berkaitan dengan prodi ini dengan selalu merevitalisasi kurikulum, pembelajaran, laboratorium yang representative”, Lanjut Rektor. 
Rektor juga mengatakan, semoga dengan bimbingan, asuhan maupun arahan  asesor dari BAN PT, Prodi S1 Statistika yang merupakan salah satu kebanggaan  universitas bisa tampil lebih hebat, utama dan mulia demi  menunjukkan eksistensi dalam perspektif kajian statistika di belantara pengabdian pendidikan yang kita terima.
Sementara itu Dr. Arisman Adnan, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, Kami ditugaskan dari BAN PT untuk berdiskusi dengan teman-teman FMIPA di Prodi Statistika untuk melihat seperti apa berbagai proses  pembelajaran dan daya dukung untuk pengembangan prodi statistika di FMIPA UNY.  Kami melihat bahwa sebagai prodi baru prodi Statistika sudah mempunyai arahan yang jelas apalagi dibawah FMIPA yang kami lihat ini prodi terbaru sementara kakak-kakaknya sudah mendapat nilai akreditasi yang terbaik. Kami yakin Prodi Statistika akan segera menyusul  karena berada dilingkungan yang sangat baik.
Aspek penting menjadi perhatian kita semua yaitu hubungan dengan luar negeri. Apalagi UNY sebagai elemen yang mendukung  nation's competitiveness. Berbeda dengan perguruan tinggi lain yang baru punya 5 – 10 prodi saja, tapi UNY yang sudah lama berdiri tentu saja orientasinya tidak lagi mensuport wilayah Yogyakarta tapi Indonesia bahkan berkontribusi untuk dunia internasional. Kami melihat titik penting itu dimunculkan oleh BAN PT untuk melihat sejauh mana interaksi kita dengan luar negeri. Pengalaman kita yang pernah ke luar negeri barangkali yang menginspirasi kita bahwa memang kita harus berbuat lebih baik. 
“Negeri ini bukan saja tanggung jawab formal, tapi juga tanggung jawab moral kita. Perguruan tinggi inilah yang menjadikan mesin yang menghasilkan SDM yang baik untuk negeri ini. Kita ingin sejajar dengan negara-negara lain didunia internasional”, tegasnya
Lebih lanjut dijelaskan, aspek lainnya yaitu  BAN PT menitikberatkan pada penjaminan mutu.  Kita hampir melakukan kegiatan itu secara rutinitas. Kita sudah terbiasa mengajar bahkan munkin sudah puluhan tahun.  Kita perlu meng-upgrade  sesuatu yang baru dalam mengajar.  Makanya lembaga penjaminan mutu, SNI menjadi titik sentral BAN PT akhir-akhir ini. Hampir semua poin ditanyakan. Bagaimana menjaga mutu, bagaimana supaya bisa terlaksana dengan baik, dan bagaimana respon dari stakeholder. (witono)