MAHASISWA UNY MERAIH BRONZE AWARDS PADA INNOCOM 2020

Kolaborasi mahasiswa FMIPA dan FT UNY kembali menorehkan prestasi di tingkat internasional setelah meraih bronze awards pada category social science pada International Innovation Competition (INNOCOM) 2020 yang diselenggarakan oleh  Academic International Dialogue (AID Conference). Para mahasiswa tersebut yaitu Aditia pramudia Sunandar  (P. Biologi) sebagai ketua, Anita Rakhma ( P. Biologi), Angki Pranamukti ( P. Teknik Informatika), Khoirunnisa  (Biologi), dan Roland Alviansyah Hidayatulloh (P. Teknik Mekantronika). Project para mahasiswa tersebut berjudul Arthrocave as cave arthropod identification android app to increase environtmental awareness of senior high school student in Indonesia.
Anggota tim, Khoirunnisa menjelaskan (AID Conference) telah menyelenggarakan berbagai konferensi nasional dan internasional sejak tahun 2016 di Malaysia, dan INNOCOM 2020 merupakan kompetisi inovasi. Program ini bertujuan untuk mempertemukan para professional, akademisi, peneliti, dan siswa (termasuk siswa sekolah) untuk menampilkan inovasi dan penelitian mereka melalui presentasi poster dan demonstrasi produk. Selain itu, INNOCOM 2020 juga mendorong inovasi-inovasi terkait praktik belajar mengajar di perguruan tinggi dan sekolah.
Pada INNOCOM 2020 terdapat 3 subtema yaitu Social science (semua inovasi bertema ilmu sosial dan humaniora), Science & Technology (Penerapan Ilmu Hayati seperti Biologi dan berbagai disiplin turunannya untuk membuat atau berinovasi metode dan teknik untuk memasukkan aspek keberlanjutan dari aspek sosial, ekonomi dan lingkungan dengan menghadirkan ide invensi - Produk, Prototipe dan / atau Inovasi- Ide, Konsep, Sistem, Proses, Teknik), dan Innovation in Education and Teaching (Kategori ini meliputi inovasi dalam proses belajar mengajar, metode penilaian alternatif, penggunaan teknologi dan pembelajaran, serta metode pengajaran pada siswa).
“Pada INNOCOM 2020 yang diikuti negara-negara  di Asia  ini, semua proses penjurian dan perlombaan dilakukan secara virtual dikarenakan adanya pandemic COVID-19.  Proses lombanya dimulai  dengan pengiriman abstrak dengan batas waktu 1 Juli 2020 dan proses lannya sampai pengumuman pemenang pada 15 Juli 2020”, lanjut Khoirunnisa .
Dia menerangkan, tujuan dari inovasi yang mereka  kembangkan yaitu ARTHROCAVE APP sebagai media pembelajaran berbasis android aplikasi dengan tampilan yang menarik dan mengikuti perkembangan teknologi maka dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar serta mampu meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.  (witono)