Buku KKTP: Sebuah Media Curhat Ilmiah

Pemikiran lahir dari pemikir. Seorang pemimpin tidak lepas dari peran sebagai pemikir yang visioner, strategis, inovatif dan solutif. Buah pemikiran akan terikat bilamana tertuang dalam untaian tulisan, karena ada pameo bahwa menulis ialah mengikat makna. Pemimpin perlu menyuarakan visi –nya untuk negeri ini. Mulai dari ide sederhana, namun harapannya dapat menjadi inspirasi dan kontemplasi untuk orang lain. Tidak usah berkaca pada pengalaman diri yang belum mahir menulis, tulis apa saja, tulis sekarang juga! Karena pemimpin ialah berani memulai untuk segala sesuatu yang maslahat untuk umat.
Bait di atas adalah prolog dari kumpulan esai ‘curhat’ calon pemimpin bangsa lulusan School Of Excellent Leader (SEL) yang merupakan sekolah kepemimpinan BEM FMIPA UNY. Rangkaian forum dari SEL telah dihadirkan dari tulisan rencana menjadi realita yang menghadirkan banyak cerita, makna dan hikmah. Di akhir, peserta SEL berkarya dalam sebuah buku yang dinaungi oleh BEM FMIPA UNY yang bertajuk “Kata Kita tentang Pendidikan”.
Mohamad Aziz Ali, Sekjen BEM FMIPA yang juga project leader dan editor buku tersebut mengatakan buku ‘Kata Kita Tentang Pendidikan’ ;  Sebuah Media Curhat Ilmiah dari BEM FMIPA  ini diharapkan menjadi bahan bakar optimis serta kontemplasi untuk memantik kesadaran mahasiswa maupun pembaca secara umum untuk beraksi menjadi bagian dari perubahan positif pendidikan bangsa ini menjadi jauh lebih baik.
Buku yang diterbitkan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM FMIPA UNY pada September 2013 ini memuat 13 esai kritis ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian “SATU” yang berisikan artikel-artikel dengan sub-tema “Telaah kritis masalah besar dunia pendidikan Indonesia di masa ini”, kemudian bagian “=” dengan sub-tema “Kontribusi Besar dari Kampus Pendidikan”, dan yang terakhir bagian “SAMA” yang berisikan artikel-artikel pamungkas dengan sub-tema “Gerakan mahasiswa untuk mewujudkan generasi emas Indonesia 2025”. Sub-tema ini menggambarkan bagian dari jiwa BEM FMIPA UNY 2013 yaitu 1=SAMA, yang berarti semangat berSATU berjuang berSAMA. (witono)