LOMBA MATEMATIKA ANTAR SMA

Jurusan pendidikan matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan lomba matematika antar SMA se-Jawa Tengah dan DIY pada Minggu 16 Januari 2011 di Ruang Seminar FMIPA UNY. Lomba diikuti oleh 67 siswa, bahkan diikuti pula oleh siswa dari SMPN 8 Yogyakarta. Menurut ketua jurusan pendidikan matematika FMIPA UNY Dr. Hartono kegiatan ini merupakan kegiatan rutin jurusan pendidikan matematika dalam rangka Pekan Ilmiah Pendidikan Matematika (PIPM). “Juara pertama lomba matematika ini selain diberi hadiah trophy juga berhak diterima di jurusan pendidikan matematika FMIPA UNY tanpa melalui test” kata Hartono, “Hal ini karena setelah diamati ternyata banyak juara olimpiade  matematika yang tidak memilih jurusan matematika sebagai tempat menuntut ilmu di bangku kuliah” lanjutnya. Kegiatan PIPM hari ini selain menyelenggarakan lomba matematika juga diadakan workshop untuk guru pendamping siswa yang mengetengahkan tentang prinsip dasar karya tulis ilmiah dipandu oleh Dr. Sugiman dan Mathilda Susanti, M.Si dosen pendidikan matematika FMIPA UNY. Workshop ini selain untuk meningkatkan pengetahuan guru juga karena tiap Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang mendapatkan hibah IM-HERE wajib mempunyai klinik pembelajaran.
Dibuka oleh Dekan FMIPA UNY Dr. Ariswan yang dalam sambutannya mengatakan bahwa jurusan pendidikan matematika merupakan jurusan favorit di UNY karena peminat untuk masuk prodi pendidikan matematika lebih tinggi daripada jurusan-jurusan lain di UNY baik melalui jalur Seleksi Mandiri maupun SNMPTN. “Padahal selama ini matematika dianggap momok yang menakutkan namun prodi pendidikan matematika FMIPA UNY membuktikan bahwa matematika itu menarik sehingga minat untuk belajar matematika meningkat” kata Ariswan, “Namun hal ini juga tidak lepas dari peran guru di sekolah sehingga murid menyenangi matematika, hingga matematika mampu dijadikan pembelajaran hingga kelak menjadi orang sukses”
Adapun juara lomba matematika adalah juara pertama Pramudya Ananto dari SMA Taruna Nusantara Magelang, juara kedua Dian Sito Rukmi dari SMA Semesta Semarang, juara ketiga Tryan Aditya Putra dari SMA Semesta Semarang, juara harapan I Gulbuddin Hykmatyan Al Akbar dari SMA Semesta Semarang dan juara harapan II Choirunnisa Fatiyya dari SMA Semesta Semarang.