Dies UNY 2015 Dimeriahkan 90 kegiatan

Pada pelaksanaan Dies natalis UNY ke-51 tahun ini, akan warnai 90 agenda kegiatan. Agenda yang pertama adalah pencanangan yang akan dilaksanakan Jumat, 20/2/14 di stadion atletik-sepakbola UNY. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan akademik/workshop/seminar sebanyak 18 kegiatan, pameran/Seni/hiburan 12, olahraga dan perlombaan 19, bakti sosial 11, dharma wanita 6, IKA 5, Penghargaan kepada Guru dan Kepala Sekolah serta tokoh Pendidikan, dan lain-lain 29 kegiatan. Demikian disampaikan Ketua Panitia Dies Natalis, Dr. Slamet Suyanto kepada wartawan pada acara konferensi pers, Rabu, 18/2 di rektorat UNY.
Sementara itu Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Suwarsih Madya, dalam penjelasannya mengatakan,
Setiap kegiatan dies selalu dikaitkan dengan visi misi UNY yaitu tahun 2025 kita bertekad untuk mencapai pengakuan di kelas internasional bahwa UNY merupakan universitas kependidikan yang terbaik. Tentu saja pencapaiannya secara bertahab.
Momentum dies dipakai untuk mensyukuri apa yang telah dicapai keberhasilan dosen mahasiswa dan karyawan dan melakukan refleksi terhadap apa yang telah dilakukan, kelebihan dan kekurangannya.
Menjawab pertanyaan wartawan tentang target khusus yang ingin dicapai UNY pada dies  kali ini, Suwarsih menjelaskan, tahun 2015 adalah tahun kita mulai renstra 2015-2019. Kita memperkuat tekad agar pada waktu kita ingin mencapai tingkat universitas kependidikan dunia bukan berarti melupakan jati diri bangsa. Akar budaya kita perkuat, posisi nasional juga diperkuat, serta penguatan regional.
Kita mulai meningkatkan hubungan dengan daerah. Kita memperkuat pembinaan terhadap sekolah-sekolah  binaan, memperkuat kerjasama dengan kabupaten-kabupaten   dan di tingkat nasional dengan kebupaten-kabupaten yang memerlukan.
“Hal ini tidak boleh diabaikan karena posisi nasional UNY sebagai perguruan tinggi yang wajib memberi kontribusi pada pembangunan pendidikan nasional harus benar-benar menjadi kegiatan yang utama,” tegasnya.
Ditambahkan, selain regional, UNY juga bekerjasama dengan menjangkau seperti AS, Eropa, dan Asia. Kalau nanti akan lebih terukur adalah nanti pada tahun 2019,
Dekan FMIPA,  Dr. hartono menjelaskan, bahwa panitia dies bergiliran adalah pada masing-masing dies menekankan yang terkait dengan  fakultas masing-masing. Dan karena sekarang panitianya FMIPA, maka nanti kegiatannya banyak diwarnai dengan ke-mipa-an. (witono)