Prof. Drs. Hirdjan Tutup Usia

Universitas Negeri Yogyakarta kehilangan salah satu putra terbaiknya setelah Prof. Dr. Hirdjan (87 tahun), Guru Besar FMIPA UNY yang pensiun pada tahun 1992 ini wafat. Prof. Hirdjan wafat pada hari Jumat 10/10/14 dan disemayamkan di hall rektorat UNY pada Sabtu 11/10/14 sebelum dimakamkan di makam Kuncen Yogyakarta. Hadir pada penyemayaman tersebut Rektor, para pembantu Rektor, Senat, dosen, karyawan, serta pelayat dari pihak keluarga.  
Pada pembacaan biodata yang dibacakan oleh Dekan FMIPA UNY, Dr. Hartono pada acara Penyemayaman Jenazah, Prof. Hirdjan adalah Guru Besar di Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Yogyakarta sejak tahun 1986 – 1992 dalam bidang Ilmu Pendidikan Matematika.
Pengalaman mengajar beliau yaitu menjadi guru SMA IV Yogyakarta, dan menjadi dosen pengajar di FMIPA UNY dari 1963 – 1992.
Jabatan yang pernah pangku yaitu sebagai Pembantu Dekan I FKIE IKIP Yogyakarta 1964-1966, Dekan FKIE IKIP Yogyakarta tahun 1975-1976 dan 1977 – 1978, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1979 – 1981, dan Kepala PPG Matematika tahun 1980 – 1986. Sedangkan penghargaan yang pernah diperoleh diantaranya yaitu Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama pada 6 Agustus 1998.
Selama  mengajar di UNY, Profesor kelahiran Surabaya, 22 April 1927 ini mengajar mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan Matematika, Kolokium Pendidikan Matematika, Strategi Pembelajaran Matematika, dan Metode Pembelajaran Matermatika.
Sementara itu buku yang pernah ditulis diantaranya Buku Permainan Matematika untuk mahasiswa dan guru-guru Matematika SD, SMP, dan SMA jilid 1-7 serta Buku Penyelesaian Matematika dengan Metode Penemuan untuk Mahasiswa.
Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., pada sambutannya mengatakan, UNY mengucapkan terima kasih kepada Prof. Drs.  Hirdjan yang telah merintis dan menginisiasi pendidikan Matematika UNY. Dan telah berhasil menempatkan Jurusan Pendidikan Matematika menjadi salah satu jurusan yang paling leadhing di FMIPA untuk meraih akreditasi yanga terbaik yang kemudian disusul oleh jurusan yang lain. Selain itu juga telah melahirkan banyak ahli pendidikan matematika maupun matematika baik yang ada di universitas ini maupun yang ada ditempat lain.
“Hal tersebut membuktikan betapa besar sumbangan beliau. Kami yakin apa yang telah disumbangkannya selama di UNY atau di PPG Matematika atau dimana saja tempat beliau mengabdi dan mengamalkan ilmunya, semoga bermanfaat dan mengalirkan pahala kepadanya,” lanjut Rektor. (witono)