MAHASISWA UNY CIPTAKAN ALAT BANTU PERAGA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Mulai semester 4 para mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UNY telah membuat karya untuk bahan pembelajaran Biologi. Karya-karya ini bisa digunakan untuk lebih memudahkan guru dalam menjelaskan pelajaran biologi kepada anak didiknya.
Demikian dikatakan Surachman, M.S., Koordinator Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY saat menerima kunjungan mahasiswa Biologi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang, kemarin, di laboratorium Biologi FMIPA UNY. Para mahasiswa mengunjungi lab biologi dasar, lab zoology, lab botani, lab mikrobiologi dan bioteknologi, lab ekologi lingkungan, dan lab pendidikan biologi.
Di lab para mahasiswa melihat hasil karya mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi antara lain ornamen  system pencernaan manusia  yang terbuat dari lilin, pengolahan bahan bekas menjadi menjadi alat peraga, dll.
Surachman, M.S menjelaskan, mahasiswa dalam membeli bahan praktek dianjurkan untuk memilih harga yang murah. Jika bahan tersebut mahal maka bisa digantikan dengan bahan yang lebih murah. Oleh karena itu sebelum membeli bahan mahasiswa berkonsultasi dengan dosen pembimbing dalam memilih bahan yang akan digunakan.
“Dalam mengerjakan tugas, mahasiswa boleh bekerjasama dengan pihak lain, misalnya alat peraga biologi yang berhubungan dengan seni ukir, maka mahasiswa tersebut bisa bekerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Seni. Tapi ide harus dari mahasiswa yang bersangkutan,” tambahnya. (witono)