Aplikasi Edukasi dan Platform Marketplace Produk Hasil Pertanian Rancangan Mahasiswa UNY

Mahahasiswa UNY yang terdiri dari Khoirunnisa (Biologi 2018), yuliari suprihatin (Kimia 2018), dan devi puspa (P. Akuntansi 2020) yang tergabung dalam Go Team berinovasi untuk merancang taniku.id yakni aplikasi edukasi dan platform marketplace produk hasil pertanian dan perkebunan sebagai upaya menjawab tantangan industri 5.0. Ide tersebut memperoleh juara 3 pada Ajang National Bussiness Plan Competition yang diselenggarakan  oleh GenBI Jakarta yang bekerjasama dengan bank indonesia pada Sabtu 9 oktober 2021 melalui zoom meetings
Khoirunnisa menjelaskan, Taniku.id merupakan inovasi edukasi sekaligus e-commerce yang dikemas dalam bentuk aplikasi sehingga dapat membantu para penyuluh dalam memberikan edukasi pertanian serta wadah memasarkan produk hasil panennya secara optimal. Melalui Taniku.id, Para petani akan diberikan wadah untuk mempromosikan produk, mengembangkan produk, dan terlindungi secara hukum dari upaya pelanggaran hak cipta melalui electronic open system document.
“Adanya Taniku.id, diharapkan dapat meningkatkan iklim ekonomi agraria Indonesia yang berbasis digital inovasi bagi para pelaku usaha khususnya para petani yang ikut serta secara global menjawab tantangan Industri 5.0”, lanjutnya.
Khoirunnisa  menambahkan, Taniku.id didesain menarik dan sederhana mampu digunakan mengembangkan produk melalui fitur “daftarkan produk” yang nantinya dapat dipantau perkembangannya. Dengan Platform Taniku.id diharapkan dapat mewujudkan iklim ekonomi digital inovasi Indonesia dalam bidang agrarian Sumber daya manusia di Indonesia juga akan lebih berkualitas serta mendorong optimalisasi penjualan bagi para pelaku usaha agraris ditengah kondisi pandemic covid-19. (witono)