Pelatihan English for Academic Writing

Untuk lebih menambah bekal bagi para mahasiswa kelas internasional dalam hal penulisan skripsi dalam bahasa Inggris, FMIPA UNY menyelenggarakan Pelatihan English for Academic Writing, 28-29/11/13 di ruang sidang fakultas. Pelatihan  dalam rangka percepatan tugas akhir skripsi ini diikuti oleh mahasiswa kelas internasional  FMIPA angkatan 2010 yang semester depan sudah mulai menulis skripsi. Pelatihan menghadirkan pembicara Suharso, M.Pd., dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY dan Prof. Dr. Marsigit dari FMIPA UNY.
Dalam sambutannya Dekan FMIPA, Dr. Hartono mengatakan, mulai tahun 2013 kelas unggulan (kelas internasional) diseleksi mulai tahun kedua. Pada semester ketiga akan ditawarkan kepada mahasiswa yang berminat dengan syarat IPK dan kemampuan berbahasa Inggrisnya memenuhi standar tertentu. “Kelas unggulan tersebut akan dibekali sehingga para alumninya bisa menyebar di ASEAN. Hal tersebut karena pada tahun 2015 ASEAN Free Trade Area (AFTA) sudah diberlakukan, pergerakan manusia antar Negara di ASEAN semakin bebas. Walaupun dalam poinnya tidak menyebutkan secara eksplisit pendidikan di dalammnya, sangat memungkinkan nanti para lulusan UNY bisa mengajar di negara-negara ASEAN, begitu pula sebaliknya,” lanjut Dekan.
Di jelaskan, kompetensi yang harus dipenuhi dan yang dicita-citakan adalah bahasa pengantar dalam pembelajaran bahasa Inggris secara penuh,  skripsinya juga dalam bahasa  inggris. Seiring berjalannya waktu kami menawarkan kepada mahasiswa dan ternyata mahasiswa memilih skripsi dalam bahasa Indonesia.
“Tagihan kami untuk kelas internasional, jurnalnya harus dalam bahasa Inggris. Walaupun UNY saat ini belum mewajibkan penulisan skripsi mahasiswa kelas internasional  dalam bahasa Inggris, dianjurkan diantara mahasiswa tetap ada yang menulis dalam bahasa Inggris. Para dosen pembimbing sudah siap. Kami juga akan bekerjasama dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY untuk masalah perbaikan bahasa,” tambah Dekan. (witono)