MAHASISWA FMIPA UNY KULIAH DI DUA UNIVERSITAS DI THAILAND

Sebanyak 8 mahasiswa FMIPA UNY mengikuti program transfer kredit selama satu semester di Thailand. Yang kuliah di Prince of Songkla University 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Matematika. Sedangkan 6 mahasiswa lainnya di Yala Rajabhat University. Mereka dari prodi Biologi 3 orang, prodi Pendidikan Biologi 2 orang, dan prodi Pendidikan Fisika 1 orang.
Pada acara pelepasan mahasiswa transfer kredit yang dilaksanakan baru-baru ini, Dekan FMIPA, Dr. Hartono menjelaskan bahwa proses transfer kredit diawali dengan proses yang cukup panjang. Dahulu diawali dengan saling berkunjung dan ditindaklanjuti dengan Memoradum of Understanding (MoU). Isi dari MoU tersebut antara lain mengenai program transfer kredit.
“Hasil transfer kredit ini nanti disampaikan ke dikti supaya nilai yang didapat selama kuliah di Thailand diakui oleh dikti, sehingga mahasiswa tidak rugi”, tegasnya.
Diterangkan, ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk melihat apa yang ada di Thailand yang budayanya mirip melayu, bahkan makanannyapun hampir sama.
Kerjasama program transfer kredit ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2015 dimana dari Yala rajabhat mengirimkan 7 mahasiswanya untuk kuliah di FMIPA UNY. Karena merasa puas sekarang mereka mengirimkan sebanyak 11 orang untuk kuliah di sini. Sementara itu FMIPA baru tahun 2016 ini mengirimkan mahasiswanya untuk kuliah transfer kredit disana.
“Selain belajar, silakan untuk belajar budaya Thailand yang sedikit berbeda. Hal-hal yang spesifik tentunya akan jadi memori yang baik”, tambah Dekan.
Wakil Dekan I, Dr. Suyanta menerangkan bahwa setelah kerjasama untuk mahasiswa sit in berhasil maka kita tingkatkan dalam bentuk program kuliah transfer kredit. Silakan mengambil mata kuliah yang cocok.
“Kita merintis program transfer kredit ini selama 2 tahun, dan harus dibangun komitmen bersama antara UNY dengan universitas di Thailand, misalnya dengan saling mengundang pada acara seminar”, terangnya
Dalam kuliah, lanjut Suyanta, mahasiswa di Thailand memakai seragam. Jadi silakan kalian boleh berseragam almamater. Sedangkan untuk bahasa dalam perkuliahan mereka memakai bahasa Thailand dan bahasa Inggris. Jadi selain bahasa Inggris silakan untuk sedikit-sedikit belajar bahasa Thailand supaya pembelajaran semakin lancer. (witono)