FMIPA UNY Selenggarakan BOPC

Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) FMIPA UNY kembali menyelenggarakan Biology Olympiad and Paper Competition (BOPC). Babak Final diselenggarakan Sabtu, 20/9/14 di kampus FMIPA.
Ketua panitia, Ahmad Saiful Abid, menjelaskan, ini adalah penyelenggaraan BOPC ke-2 untuk tingkat nasional. Pada penyelenggaraan sebelumnya  masih pada tingkat Regional. Kami bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam menjaring para peserta. Perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Indonesia (Region Jakarta), Universitas Silihwangi (Jawa Barat), Universitas Diponegoro dan Universitas Jendral Soedirman (Jawa Tengah), Universitas Negeri Yogyakarta (Yogyakarta), Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya (Jawa Timur), dan Universitas Pendidikan Ganesha (Bali).
Diterangkan, pada penyelenggaraan tahun 2014 ini untuk Olimpiade Biologi diikuti oleh 192 peserta, sedangkan untuk Karya Tulis diikuti 20 tim. Setelah dilaksanakan babak penyisihan, maka untuk putaran final olimpiade diikuti 44 peserta dan 15 tim untuk karya ilmiah.
“BOPC ini memperebutkan hadiah total Rp 15.000.000,- dan piala. Untuk oimpiade Biologi, juara I mendapatkan piala bergilir dari presiden RI dan piala tetap dari Kemdikbud. Juara II piala dari dikti, juara III piala dari Rektor UNY. Sedangkan juara harapan I dan II memperoleh piala dari Dekan dan Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY,” jelas Abid.
Dekan FMIPA, Dr. Hartono, dalam sambutan pembukaan mengatakan, selain untuk berkompetisi, BOPC ini bisa sebagai sarana silaturahmi dan bertukar pikiran antara siswa satu sekolah dengan sekolah lainnya.
“Bagi para juara kompetisi ini, jika ingin kuliah di UNY maka akan direkomendasi untuk masuk tanpa tes. Tentunya prodi yang diambil harus sesuai dengan bidang lombanya yaitu Biologi. Tapi faktanya, sampai saat ini masih sangat jarang para juara olimpiade ini mendaftar di UNY pada jurusan Pendidikan Biologi,”,” lanjut Dekan. (witono)