Pendakian Massal Bersama Hancala ke Gunung Lawu

Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam FMIPA UNY (Hancala) kembali mengadakan Pendakian Massal (Penmas).  Pendakian dilaksanakan 10–12/10/14 di Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.  Selain Hancala, pendakian ini juga diikuti umum, sekurangnya 50 orang ikut serta dalam kegiatan Penmas tersebut dimana 31 orang diantaranya peserta dan selebihnya adalah panitia.
“Kegiatan ini merupakan publikasi keluar untuk memperkenalkan Hancala kepada khalayak umum, selain itu juga dapat dijadikan wadah bagi orang yang berantusias ingin mendaki gunung”,ujar Arum Kanthi N selaku Ketua Panitia kegiatan Penmas tersebut.  
Pendakiaan dimulai dari Basecamp via Cemoro Sewu pada pukul 07.30 WIB. Untuk mencapai puncak tertinggi dari Gunung Lawu, para pendaki harus melewati lima pos yang memerlukan waktu kurang lebih 10 Jam.  Jalur pendakian Lawu via Cemoro Sewu adalah jalur yang paling cocok untuk para pemula karena jalur ini tidak bercabang dan medannya sangat mudah untuk dilalui.  
Latifah Sari (19) mengungkapkan motivasinya ikut Penmas ini karena dengan mengenal alam lebih dekat (salah satunya mendaki) dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, selain itu dia juga dapat melihat keindahan science Jawa Timur dari puncak tertinggi Gunung Lawu.
Puncak dari kegiatan ini adalah saat pukul 04.00 WIB, peserta digiring ke puncak tertinggi Lawu.  Antusias  dan semangat peserta sangat terlihat saat pendakian ke puncak dimana saat itu cuaca yang sangat dingin dan hanya dibantu penerangan dari headlamp dan senter seadanya mereka mampu melewati medan tersebut.  
Akhirnya keindahan dari matahari merah pagi (sunrise) yang perlahan muncul dapat kita nikmati bersama di Puncak tertinggi Jawa Timur dengan penuh rasa syukur, haru dan bahagia.  Kegiatan di Puncak dilanjutkan dengan foto-foto yang tentunya dengan view yang sangat amazing. “Saya nggak nyangka bisa sampai sejauh ini (Puncak Lawu), keren banget pemandangannya! Sabananya juga keren! Makasih Hancala! Kalian JOS!”, tutur salah satu peserta dengan nada lantang.
Pukul 09.00 WIB, para Peserta Penmas turun dan sampai di Basecamp pukul 13.00 WIB. Kegiatan Penmas 2014 ini berjalan lancar dan sukses, hal ini ditunjukan karena semua peserta bisa sampai puncak.
Arum mengharapkan, semoga kegiatan ini dapat diadakan untuk setiap tahunnya untuk mengenal alam lebih dekat sehingga dapat meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan. (nur evi/witono)