KEBUN BIOLOGI UNY TEMPAT BERLINDUNG KUPU-KUPU RAJA

Indonesia merupakan negara dengan biodiversitas tertinggi nomor 2 di dunia. Namun, laju kepunahan biodiversitas di Indonesia juga merupakan salah satu yang tercepat di dunia, termasuk salah satu serangga yaitu Kupu-Kupu Raja (Troides helena).
Lokasi habitat dan sumber pakan Kupu-Kupu Raja di Indonesia tidak banyak. Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, catatan perjumpaan dan habitat Kupu-Kupu Raja ada dibeberapa lokasi seperti Pantai Indrayanti, Gunung Api Purba Ngglanggeran, lereng selatan Gunung Merapi, dan Kebun Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmadiyono, mahasiswa Jurdik Biologi yang tergabung dalam kelompok studi mahasiswa Arwana yang bergerak dalam konservasi kupu-kupu dan habitatnya menjelaskan, Kebun Biologi FMIPA UNY bisa dikatakan sebagai habitat Kupu-Kupu Raja yang tergolong unik. Mengapa demikian? Karena lokasi Kebun Biologi FMIPA UNY berada di wilayah perkotaan. Kebun Biologi UNY menjadi tempat yang penting sebagai perlindungan Kupu-Kupu Raja karena di kebun yang tidak terlalu luas tersebut terdapat Butterfly Sunctuary yang dikelola oleh Arwana.
“Mahasiswa yang tergabung dalam Arwana UNY sengaja menanam sirih hutan (Aristolochia spp.) yang menjadi tumbuhan inang atau makanan bagi ulat Kupu-Kupu Raja. Arwana dan mahasiswa biologi UNY melakukan konservasi terhadap Kupu-Kupu Raja di Kebun Biologi UNY karena melihat dari status kupu-kupu tersebut yang dilindungi. Fakta pada 3 tahun terakhir menunjukkan Kebun Biologi UNY menjadi tempat berlindung Kupu-Kupu Raja yang ditandai dengan semakin banyak Kupu-Kupu Raja yang berkembang biak di Kebun Biologi UNY”, terangnya.
Dikatakan, Kebun Biologi UNY menjadi bukti nyata gerak Universitas Negeri Yogyakarta menuju arah green campus. Selain itu, adanya Kupu-Kupu Raja dan spesies hewan yang lain di Kebun Biologi UNY sering menjadi sumber belajar bagi mahasiswa UNY dan pelajar-pelajar di DIY bahkan luar DIY. Hal ini membuktikan Kebun Biologi UNY menjadi nilai tambah yang dimiliki UNY sebagai kampus kependidikan. (R. Widodo/witono).