Fitria Lulusan FMIPA UNY

Fitria Eka Cahya Astuti dari prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY menjadi lulusan terbaik pada yudisium periode 30 Juni 2016 yang diselenggarakan Kamis  30/06/16 di ruang sidang fakultas.  Fitria yang masuk UNY tahun 2012 ini berhasil memperoleh IPK 3,87. Pada yudisium periode tersebut FMIPA meluluskan sebanyak 46 orang dengan perincian 27 orang untuk prodi kependidikan dan 19 orang untuk prodi non kependidikan. 
Dekan FMIPA, Dr. Hartono dalam sambutannya menyatakan ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh para lulusan diantaranya jika ingin menjadi guru.  Para lulusan harus optimis memandang kedepan karena untuk menjadi guru harus ikut Pendidikan Profesi Guru (PPG).  Saat ini yang ada adalah PPG SM3T angkatan ke-6.  Semua prodi di FMIPA ikut masuk dalam PPG SM3T ini.   
Yang ingin studi lanjut ada banyak beasiswa yang bisa diraih baik dari UNY maupun dari lembaga lain seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).  Di UNY, program pascasarjana menyediakan beasiswa bebas SPP selama 4 semester bagi lulusan Cumlaude.  Satu prodi disediakan satu beasiswa, jadi ada lima beasiswa bagi lulusan FMIPA.  
Sementara itu Fitria setelah acara selesai mengatakan bahwa tidak ada kendala berarti selama menempuh pendidikan.  Peralatan lab juga terbilang lengkap.  Dara yang beralamatkan  di Delegan, Prambanan, Sleman, Yogyakarata ini sewaktu kuliah juga aktif di UKMF Bionic (Kelompok Pengamat Burung).  Selain itu juga pernah menjadi asisten praktikum dilaboratorium.  
“saya ingin kuliah S2 tapi baru bisa mendaftar  tahun depan.  Untuk cita-cita menjadi guru, saya harus menyiapkan dengan sungguh-sungguh karena pekerjaan menjadi guru cukup berat.  Hal tersebut saya lihat dari ibu saya yang seorang guru TK, setiap hari harus membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH)“, lanjutnya. (witono)