Bionic Melaksanakan Jogja Bird Walk di Jurang Jero

Kelompok Pengamat Burung Bionic Universitas Negeri Yogyakarta berkoordinasi dengan dengan anggota Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) melaksanakan kegiatan Jogja Bird Walk di Jurang Jero, Minggu (29/1). Jogja Bird Walk merupakan agenda pengamatan burung setiap bulan yang dikoordinasi langsung oleh PPBJ untuk mendata keanekaragaman jenis burung di suatu lokasi tertentu.
Anggota KPB Bionic, Aghnan P Hasan menjelaskan, Jurang Jero terletak di Desa Ngagosuko Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang dan termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi. Lokasi ini dipilih karena potensi satwa khususnya burung cukup tinggi meskipun tutupan vegetasinya cukup jarang dan didominasi oleh pohon Pinus merkusii serta Imperata cylindrica di bawah tegakannya.
Kegiatan ini diikuti oleh anggota Paguyuban Pengamat Burung Jogja yang terdiri dari berbagai kelompok pengamat seperti KPB Bionic dari FMIPA UNY sebanyak 16 orang; KP3Burung dari Fakultas Kehutanan UGM sebanyak 3 orang; KSSL dari Fakultas Kedokteran Hewan sebanyak 1 orang; dan KSB Atma Jaya sebanyak 2 orang.
Di lokasi, peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan melakukan pengamatan burung sesuai jalur pengamatan yang disepakati. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi hasil pengamatan dari masing-masing kelompok.
Dari hasil diskusi, lanjut Aghnan, tercatat terdapat 34 jenis burung di Jurang Jero. Beberapa jenis burung yang mendominasi di kawasan ini antara lain Cucak kutilang, Bondol peking, Perling kumbang dan Cica koreng jawa. (Aghnan/witono)