BIONIC BERPARTISIPASI DALAM ASIAN WATERBIRD CENSUS

Setiap bulan Januari, ribuan sukarelawan pengamat burung di Asia dan Asia mengunjungi wetland atau lahan basah di sekitar kota dan melakukan pendataan burung air. Kegiatan ini selanjutnya disebut Asian Waterbird Census (AWC), yang mana menjadi bagian dari program monitoring burung air dari International Waterbird Census (IWC), dikoordinatori oleh Wetlands International.
Di tahun 2016, Bionicers melakukan kegiatan pendataan burung air di Rawa Jombor, Klaten. Tahun ini, KPB Bionic UNY turut serta dalam event Asian Waterbird Census (AWC) berkoordinasi dengan Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ). PPBJ mengagendakan kegiatan pendataan burung air di Arboretum UGM (10-11/1).
Aghnan, anggota KPB Bionic menerangkan, kegiatan AWC PPBJ di Arboretum UGM dilakukan pada pagi hari dimulai pada pukul 05:00-07:30 WIB sedangkan pada sore hari dimulai pada pukul 16:00-18:30 WIB. Kelompok pengamat burung yang tergabung dalam PPBJ dan ikut berpartisipasi pada kegiatan ini antara lain Biolaska UIN SUKA, KP3Burung UGM, Silvagama, KSB UAD, Binobio UAD dan KSB Atma Jaya. Masing-masing perwakilan dari tiap lembaga diminta mengisi 4 titik pengamatan yang sudah ditentukan sebelumnya.
“Selain kegiatan AWC bersama PPBJ, Bionic juga sudah mengagendakan kegiatan pendataan burung air di Waduk Mulur, Surakarta. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2017 kemarin. Peserta kegiatan ini tidak hanya dari anggota Bionic saja melainkan dari instansi luar. Mereka adalah Raditya Anjar, Danu dan Agus dari Binobio UAD serta Wisnu Aji dari Kepak Sayap UNS”, sambungnya.
Ditambahkan, dari kegiatan ini, tercatat sebanyak 11 jenis burung air dari total 27 jenis burung yang berada di Waduk Mulur, Surakarta. Jenis burung air yang dijumpai antara lain Cangak merah, Titihan australia, Mandar batu dan Bambangan kuning. List jenis burung ini selanjutnya akan direkap oleh Bidang Opersional Bionic, selanjutnya data akan dikirim ke koordinator Atlas Burung Indonesia simpul Jogja.
Kegiatan Asian Waterbird Census selanjutnya adalah pada tanggal 21 Januari 2017 di Pantai Trisik, Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan serangkaian acara AWC dari Paguyuban Pengamat Burung Jogja. (Aghnan/witono)