MAHASISWA UNY JUARA 1 MUSABAQAH KHATHTHIL QUR’AN PADA MTQMN XVI TAHUN 2019

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Anifatuz Zahroh berhasil meraih Juara 1 Musabaqoh Khaththil Qur’an golongan Dekorasi Putri pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI tahun 2019 di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. MTQMN XVI yang diselenggarakan pada 28/7 – 4/8/19 oleh Ristekdikti ini diikuti oleh PTN dan PTS diseluruh Indonesia dengan jumlah peserta 2.484 orang. 
Kegiatan tersebut bertemakan “MTQMN sebagai penguat Ukhuwah Islamiyah dalam membentuk Generasi Muda Qur’ani menuju Indonesia Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur”.  
Anifa menerangkan, kompetisi yang dinilai oleh 9 Dewan Hakim atau Juri terdiri dari 2 tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama babak penyisihan, diikuti oleh seluruh peserta perwakilan dari PTN dan PTS seluruh Indonesia dengan waktu perlombaan 8 jam. Anifa mendapatkan nilai tertinggi atau di peringkat 1 sehingga lolos ke babak final. 
Di babak final, Anifatuz Zahroh memperoleh nilai sebesar 222 dan menjadi terbaik 1. Penilaian juri berdasarkan kebenaran kaidah, keindahan khat dan keindahan hiasan. 
Pada ajang tersebut tim dari UNY berada diperingkat 8 dengan memperoleh 1 emas, 1 perunggu, dan Juara Harapan. Emas dipersembahkan oleh Anifatuz Zahroh dari prodi Matematika untuk cabang Khaththil Qur’an Dekorasi, Perunggu oleh tim Dinnatul Lailiyah (Sastra Indonesia), Tri Mayzura (Kimia), Nurma Anggi S (PLB) cabang Syahrhil Qur’an. 
Sedangkan Vicky Fithrotun Nisa (biologi) meraih Juara Harapan 1 untuk Hifzhil Qur’an 30 Juz Putri, Fahruril Ihsan (Teknik Sipil) Juara Harapan I cabang Khaththil Qur’an Kontemporer Putra, Nilna Muna Izdiharusshofa (Pendidikan Seni Rupa) Juara Harapan 2 cabang Khaththil Qur’an Kontemporer Putri.
Satu tim lagi yaitu Umi Walidatul Fitriyani (Pendidikan Biologi), Qonitah (Pendidikan Kimia), dan Salma Rosyadah (Biologi) meraih Juara Harapan 3 untuk cabang Fahmil Qur’an. (witono)