ARTIKELL TERINDEKS SCOPUS UNY, 70% BERASAL DARI FMIPA

Sekitar 60% dosen  FMIPA UNY jurnalnya terindeks scopus. Artikel terindeks scopus di UNY tertinggi berasal dari dari FMIPA yaitu sekitar 70%. Dan di FMIPA  dari Jurusan Pendidikan Kimia yang paling banyak.
Hal tersebut disampaikan Dekan FMIPA UNY, Dr. Hartono saat menerima asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Rabu 10/10/18 di ruang sidang FMIPA. Prodi yang diakreditasi adalah Prodi Pendidikan Kimia, yang sebelumnya sudah terakreditasi A. Para asesor tersebut yaitu Dr. Muktiningsih, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta dan Prof. Dr. Muhammad Nurdin, M.Sc., dari Universitas Halu Oleo.
Lebih lanjut dikatakan, Rektor UNY sangat mendorong semua dosen untuk mempublikasikan artikelnya di jurnal terindeks scopus maupun jurnal internasional bereputasi. Dengan demikian hasil penelitian dari dosen UNY semakin diakui kualitasnya. Rektor juga memberikan insentif bagi artikel yang masuk jurnal internasional maupun jurnal yang terakreditasi.
Dari hasil penelitian tersebut sudah banyak hasil penelitian dosen yang dijadikan sebagai bahan ajar sehingga mampu meningkatkan wawasan mahasiswa tentang riset-riset terbaru yang terus berkembang.
Pada bagian lain Dekan menjelaskan bahwa FMIPA UNY telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi mitra luar negeri seperi UPSI, UPM, Yala Rajabhat University, Mahidol University, Prince of Songkla University, dll.
“Wujud kerjasama  antara lain berupa program sit in, transfer kredit, join research, seminar, dll. Bahkan baru-baru ini Jurusan Pendidikan Kimia menyelenggarakan seminar internasional dengan berkolaborasi dengan UPSI Malaysia dan Himpunan Kimia Indonesia dengan salah satu keynote speakernya berasal dari UPSI”, katanya.
Dalam rangka internasionalisasi prodi, saat ini prodi Pendidikan Kimia juga mempersiapkan untuK sertifikasi berstandar internasional dari  ASEAN University Network-Quality Assurance(AUN-QA).  Diharapkan nanti prodi-prodi yang lain segera menyusul untuk mempersiapkan sertifikasi tersebut. (witono)