UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER KKL DI FMIPA UNY

Sebanyak 42 mahasiswa yang didampingi oleh  3 dosen dari Prodi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Muhammadiyah Jember melaksanakan Kuliah Kerja lapangan (KKL) di FMIPA UNY, Rabu, 27/7/13. Rombongan diterima oleh Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Dr. Paidi, Dr. Tien Aminatun, dan Prof. IGP Suryadharma di ruang sidang fakultas.

Pada kesempatan tersebut, Kajurdik Biologi FMIPA UNY Dr.Paidi menerangkan, kami saat ini berjalan dengan 2 Kurikulum yaitu kurikulum 2009 yang berbasis kompetensi dan kurikulum 2014 yang berorientasi pada learning outcomes atau capaian pembelajaran (kurikulum KKNI). 

Yang Kurikulum 2009 diberlakukan untuk mahasiswa angkatan 2013 dan sebelumnya .  Sedangkan kurikulum 2014 di berlakukan bagi mahasiswa angkatan 2014 sampai sekarang.  Untuk kurikulum 2014 lama studi dibatasi hanya 12 semester. 

Paidi juga menjelaskan, bahwa animo calon mahasiswa yang ingin masuk ke Jurdik Biologi dari tahun ke tahun terus meningkat .  Tahun terakhir prodi Pendidikan Biologi menempati ranking ke-8 dari seluruh Prodi di UNY yaitu sebanyak 2.578 pendaftar yang diterima 75 orang. 

Dosen pendamping, Dra. Sawitri, MS.,  mengatakan, perkembangan Ilmu biologi sangat pesat dan menjadi tantangan kita semua. Abad ke-21 merupakan abad biologi memang benar adanya  sampai berkembang ke Bioetika yang  sulit kita kendalikan bersama seperti  adanya vaksin palsu dll.

“Kita perlu memperhatikan Bioetika sehingga kita dibiologi bersama-sama bagaimana menghadapi tantangan di era global, sehingga berpacu untuk meningkatkan kualitas kita masing-masing”, lanjutnya. 

Setelah itu acara dilanjutkan diskusi mahasiswa yang dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium  Biologi di seperti kebun percobaan, perpustakaan, dll. (witono)