KPB BIONIC UNY MENJUARAI BALI BIRD WATCHING RACE 2016

Salah satu prestasi yang berhasil ditoreh oleh anggota Kelompok Pengamat Burung Bionic FMIPA UNY di tahun 2016 ini adalah menjuarai kompetisi Bali Bird Watching Race (BBWR) 2016 yang diadakan di Pulau Serangan, Denpasar Timur, Bali pada Minggu (15/05). Pada kompetisi tingkat nasional yang diadakan oleh Himabio Universitas Udayana Bali tersebut, KPB Bionic UNY berhasil mengalahkan 93 peserta dari 31 tim yang berasal dari regional Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Dalam kompetisi bird watching race ini, KPB Bionic UNY mengirimkan satu tim, yang terdiri dari anggota KPB Bionic UNY Ahmad Saiful Abid, Panji Gusti Akbar, dan Muhamad Hasbi.  Kompetisi BBWR ini terdiri dari 2 kategori, yang terdiri dari kategori Lomba Pengamatan Burung dan kategori Lomba Fotografi. Tim KPB Bionic UNY ini meraih Juara I di kategori Lomba Pengamatan Burung dari 2 kategori yang dilombakan tersebut.
Menurut penjelasan salah satu peserta, Hasbi, BBWR 2016 yang bertemakan Create a Generation of Environment Awareness Through Bird Watching Competition ini diselenggarakan selama 3 hari, pada tanggal 13-15 Mei 2016. Pada hari pertama, peserta dibekali dengan materi pengenalan ular oleh Bali Reptile Rescue sebagai materi awal kepada para peserta Bird Watching Race. Hari kedua dilakukan kompetisi yang sesungguhnya yang meliputi beberapa kategori perlombaan, antara lain kategori lomba pengamatan burung yang meliputi pengamatan burung dan sketch (sketsa burung yang teramati), penulisan artikel, dan kuis, serta kategori lomba fotografi, sebagaimana pada standar kompetisi Bird Watching Race pada umumnya. Tak ketinggalan di hari ketiga dilakukan penutupan dan pengumuman pemenang lomba.
“Penilaian perlombaan, kategori lomba pengamatan burung dilihat dari jumlah list burung sesuai dengan jenis burung yang pernah tercatat di lokasi perlombaan serta sketsa burung yang dilihat dari kedetailan gambar serta mampu mendeskripsikan dengan jelas jenis burung yang teramati. Kemudian dalam kuis mampu menjawab soal kuis terbanyak dengan jawaban yang benar. Tim KPB Bionic UNY memperoleh nilai tertinggi dengan total nilai sebesar 203, yang bahkan memiliki selisih jauh dengan Juara II dari Pelatuk BSC Universitas Negeri Semarang yang memperoleh total nilai sebesar 158, dan total nilai 153 pada Juara III dari Wabules Cipoh Kacat Bali.”, terangnya. Oleh karenanya tim KPB Bionic UNY dinobatkan sebagai Juara I dalam BBWR 2016. (Gahar)