Sebanyak 714 mahasiswa ikuti OSN Pertamina di UNY

Sebanyak 714 mahasiswa DIY mengikuti Seleksi Provinsi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2014 di UNY. Seleksi dilaksanakan Kamis, 25/9/14 di Hall Tenis Indoor UNY. OSN Pertamina dibagi dalam 4 bidang yaitu Biologi, Matematika, Fisika, dan Kimia. Selain Tes Teori, juga dilombakan presentasi poster. OSN Pertamina ini adalah kerjasama antara pertamina dengan FMIPA UNY.
Pada kesempatan tersebut Freddy Anwar, Perwakilan dari pertamina cabang Yogyakarta membacakan sambutan dari Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan. Dikatakan, Ini adalah tahun ke-7 pertamina bekerjasama dengan perguruan tinggi menyelenggarakan OSN ini.
“OSN ini serentak dilaksanakan oleh  44 universitas di 33 provinsi se-Indonesia yang terbagi dalam 10 regional. OSN tidak berhenti dalam lingkup nasional saja. Sejak 2013 OSN pertamina diproyeksikan menjadi program kompetisi sains untuk kawasan ASEAN. Untuk itu kami berharap dukungan dari Dirjendikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus dapat bersinergi dalam dalam mempersiapkan hal ini sebagai tindak lanjut dari pembahasan yang telah dilaksanakan dengan pertamina,” lanjunya.
Diterangkan, OSN tentunya memberikan dampak positif bagi pemenangnya. Pada tahun ini total hadiah beasiswa untuk para pemenang OSN mencapai total Rp 2 miliar rupiah. Selain itu para pemenang tentunya mendapatkan nilai tambah yang signifikan dalam proses seleksi pekerja pertamina.
Kami bersyukur antusiasme yang terbangun cukup signifikan. Sejak dari OSN diselenggarakan pada 2008 jumlah peserta telah mencapai lebih dari 100 ribu orang.
Ditambahkan, perjuangan sebagai seorang akademisi tidak hanya terbatas diatas kertas. Di dunia nyata menanti pemikiran dan ide berlian yang dapat diaplikasikan dalam keseharian kita semua. Diharapkan dari OSN ini akan lahir individu-individu yang cemerlang yang berperan aktif dalam pembangunan bangsa.
Sementara itu, Dekan FMIPA, Dr. Hartono, menyampaikan, dari peserta OSN Pertamina yang sebanyak 714 orang terdiri dari bidang kimia (116), Matematika (201), Biologi (217), Fisika (180). Selain itu juga ada proyek sains, poster yang dilombakan akan dinilai oleh para peserta tes teori.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada pertamina karena ini bagian dari coporate social responsibility (CSR)  terutama untuk bidang pendidikan. Begitu juga dengan bidang kesehatan dan penanaman pohon secara besar-besaran,” terangnya. (witono)