Semarak Ramadhan HIMA IPA UNY di Panti Asuhan

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) FMIPA UNY bekerjasama dengan  Forum Mahasiswa Pendidikan IPA/SAINS Indonesia (FORMIPA) dan  Gembira Loka Zoo Yogyakarta menyelenggarakan acara bertajuk Semarak Ramadhan 1435 di Panti Asuhan Miftakhul Jannah, baru-baru ini.  
Kegiatan ini meliputi  pengajian menjelang buka puasa yang diikuti oleh mahasiswa Pendidikan IPA, anak-anak dari Panti Asuhan Miftakhul Jannah, dan warga sekitar panti. Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, sholat maghrib berjamaah, tadarus Al-Quran bersama, sholat ‘isya dan sholat tarawih berjamaah, serta sahur bersama.
Ketua panitia penyelenggara, Adnan Fahruliansyah yang mahasiswa Pendidikan IPA UNY angakatan 2013 ini mengatakan, bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk berbagi kebermanfaatan di bulan ramadhan. Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahmi antara pihak panti asuhan dengan HIMA IPA yang sudah terjalin selama kurang lebih 5 tahun dan panti ini juga menjadi panti binaan dari HIMA IPA.
“Selain kegiatan tersebut, HIMA IPA juga sering mengadakan aksi sosial di panti asuhan Miftakhul Jannah dengan mengadakan bimbingan belajar untuk anak-anak panti, yang tentunya merupakan kegiatan dari HIMA IPA untuk mengabdikan ilmunya,” lanjut Adnan.
Sementara itu, Fajar Syamsu, pimpinan panti asuhan Miftakhul Jannah, senang sekali masih ada yang peduli dengan anak-anak panti, terutama dengan anak-anak yatim dan piatu. Beliau, mewakili seluruh warga panti mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari HIMA IPA dengan harapan bahwa silaturahmi dapat terjalin dengan baik untuk seterusnya.
Beliau juga mengharapkan bahwa dengan silaturahmi ini juga, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya kepada anak-anak panti, yang rata-rata masih belajar di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, untuk seluruhnya anak-anak panti berjumlah 42 anak.
Selain, mengadakan pengajian, buka bersama, dan sahur bersama. HIMA IPA dengan donatur juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan piatu, serta memberikan tiket rekreasi ke Gembira Loka Zoo yang ikut serta menjadi donatur atau sponsor dalam acara tersebut. Untuk selanjutnya, semoga HIMA IPA dapat terus memberikan kebermanfaatan bagi semua, serta dapat memberikan semangat leading dan inspiring bagi mahasiswa dan masyarakat. (HIMA IPA/witono)