KPB BIONIC UNY Juara Water Bird Watching Race 2014

Kelompok Pengamat Burung BIONIC Universitas Negeri Yogyakarta (KPB BIONIC UNY) tak henti-hentinya menorehkan prestasi. Kali ini dalam event Nasional Water Bird Watching Race 2014 yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Burung Liar (KSBL) Pecuk  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, 14-16/2/14 di Ujung Pangkah Gresik, KPB Bionic UNY berhasil merebut  gelar Juara II. Acara Water Bird Watching Race 2014 merupakan agenda rutin yang telah KSBL Pecuk ITS setiap dua tahun sekali.
Arellea Revina Dewi, salah satu anggota KPB Bionic UNY yang menjadi peserta, mengatakan bahwa Bionic mengirimkan 1 tim untuk mengikuti kompetisi ini dan berhasil menjadi juara II. Tim Bionic beranggotakan  Nurrohman Eko Purnomo, Panji Gusti Akbar, dan Arellea Revina Dewi. Perlombaan dilakukan dengan adu jumlah list burung air yang didapatkan saat pengamatan. Akhirnya Bionic menjadi yang terbanyak kedua dari seluruh Tim yang mengikuti kegiatan tersebut.
Ketua Panitia kegiatan, Andreas Wim Kurniawan mengatakan Ujung Pangkah (UP) Water Bird Watching Race 2014 merupakan kegiatan pengamatan burung yang dilakukan di alam bebas dan dikompetisikan. Selain itu juga sebagai bentuk kegiatan mengkampanyekan konservasi burung liar terhadap masyarakat.
“Kegiatan ini berupa lomba identifikasi burung liar di kawasan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik yang dimana penentuan pemenang berdasarkan atas jumlah jenis burung liar yang ditemui dan teridentifikasi, dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan guna sebagai data pendukung tentang keanekaragaman burung yang ada pada wilayah perlombaan (area pengamatan). Sebagai upaya konservasi di dalam lomba ini juga dilakukan sebuah kampanye terhadap konservasi burung liar," tambahnya.  (Saiful Abid/witono)