Mahasiswa Matematika Aplikasikan Desain ke Bentuk Nyata

Mahasiswa semester tiga Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, dengan mata kuliah Geometri Analitik, telah menghasilkan karya, Rabu, 8/1 di laboratorium Jurusan Pendidikan Matematika.  Dalam mata kuliah tersebut diantaranya diajarkan tentang penerapan garis-garis singgung kurva. Garis-garis singgung tersebut bisa membentuk lingkaran, parabola, hiperbola. Setelah jadi hasilnya berbentuk seperti lukisan. Hasilnya ada yang berbentuk lukisan, media 3 dimensi seperti lampu lalu lintas yang didalamnya juga dipasang lampu.
Murdanu, M.Pd., pengampu mata kuliah tersebut mengatakan, sebelum pembuatan media ini, para mahasiswa mempresentasikan apa yang akan dibuat kemudian membuat desain gambar yang akan dibuat. Setelah jadi dimulailah mengaplikasikan ke dalam bentuk yang nyata. Titik-titik pada gambar diganti paku, dan garis-garisnya menggunakan benang.
“Dalam satu kelompok  menghasilkan satu menu lingkaran, parabola, dll. Tapi setelah setiap individu harus mengkreasi sendiri-sendiri, jadi hasilnya menjadi bervariasi. Praktik ini mengaplikasikan matematika ke karya seni, seperti bentuk simetris dll. Praktik ini bisa untuk bekal para mahasiswa pada waktu KKN nanti, wirausaha,” lanjutnya.
Menurut Murdanu, ada karya seperti ini yang tidak menggunakan matematis. Dia memfokuskan pada pencahayaan. Gambar tangan dengan arsiran-arsiran diganti dengan benang. Tapi kalau yang dibuat para mahasiswa ini matematis. Setiap dua paku jaraknya diatur tertentu. Bentuk dasarnya ada yang sudut, persegi panjang, jajaran genjang, trapezium. Titik-titiknya ukurannya sama. Ini yang membedakan dengan yang dilakukan orang lain. (witono)