Himatika Gelar Bakti Sosial di Gunung Kidul

Himpunan mahasiswa (HIMA) jurusan pendidikan matematika FMIPA UNY bakti sosial di dusun Megirejo, desa Ngalang, kecamatan Gedhang Sari, Gunung Kidul pada Sabtu-Minggu 16-17/11/13. Dengan mengusung tema “Semangat Beraksi, Indahnya Berbagi”, para mahasiswa yang mayoritas angkatan 2013 ini terlihat antusisas dan bersemangat untuk berpartisipasi dalam acara ini.
Hari pertama aksi sosial diawali dengan kegiatan microteaching bagi anak-anak penduduk desa yang berusia sekolah dasar yang bertempat di SDN Buyutan. Muhammad Fajar, salah satu mahasiswa mengatakan, “Anak-anak di sini lebih cepat berhitung dengan menggunakan alat peraga seperti uang dibanding dengan teori tertulis”. Hari itu juga diisi dengan materi keterampilan membuat brownies bagi para ibu-ibu serta pengajian Alquran yang dihadiri sekitar 35 orang anak.
Di hari berikutnya, dilaksanakan kerja bakti dan senam bersama warga sekitar. Kerja bakti yang dilakukan berupa bersih desa, pembersihan daerah sekitar sungai, dan pemasangan nama mushola. Dilanjutkan dengan bazaar dan lomba-lomba yang sangat berhasil menarik animo masyarakat.
Selain itu juga ada penyuluhan pertanian dan pelayanan kesehatan bagi warga sekitar. Penyuluhan pertanian oleh Muhammad Faidzin dari Fakultas Pertanian UGM. Hal ini dirasa penting untuk disampaikan mengingat mata pencaharian warga yang umumnya menjadi petani, “Diharapkan masyarakat bisa mengetahui cara mengolah tanah yang baik di Gunung Kidul yang notabenenya masih kapur, dan sebagainya,” jelas Najib Mubarrok selaku penanggung jawab aksos. Pelayanan kesehatan diberikan oleh para mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM yang juga sedang melakukan KKN di Dusun Megirejo. “Semoga kepekaan sosial kita dapat semakin tinggi setelah acara ini, dan setelah ini dusun Megirejo bisa mendapat perhatian lebih dari pihak kampus, misalnya pengiriman KKN di daerah tersebut”, jelas Najib (nurf/witono)